Intip Daftar Instansi Buka Lowongan CPNS Lulusan SMA Sederajat Tahun 2023

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Beberapa instansi pemerintah akan membuka Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil/Aparatur Sipil Negara (CPNS/CASN) tahun 2023. Pendaftaran akan dilaksanakan pada 17 September hingga 6 Oktober 2023.

Lowongan yang tersedia kali ini tidak hanya diperuntukkan bagi sarjana, melainkan juga lulusan SMA sederajat juga mempunyai peluang mendaftarkan diri di Seleksi CPNS 2023. 

Berikut ini daftar beberapa instansi yang membuka kesempatan untuk formasi CPNS 2023 lulusan SMA-SMK.

1. Kementerian Pertahanan 

Lulusan SMA SMK sederajat yang berminat di bidang pertahanan bisa mendaftar formasi CPNS 2023 Kementerian Pertahanan. Posisi yang tersedia adalah sopir ambulans dan katagoler pemula. Untuk informasi selengkapnya bisa mengunjungi laman resmi Kementerian Pertahanan. 

2. Kementerian Lingkungan Hidup 

Kementerian terakhir yang membuka formasi CPNS bagi lulusan SMA sederajat adalah Kementerian Lingkungan Hidup. Posisi yang tersedia untuk lulusan SMA SMK sederajat adalah polisi hutan, yang berhubungan dengan kehutanan dan pertanian.

3. Kementerian Perhubungan 

Formasi CPNS 2023 untuk lulusan SMA SMK sederajat di Kementerian Perhubungan memiliki jumlah total 684. Nantinya, mereka akan ditempatkan di bidang penerbangan, teknisi penelitian dan perekayasaan, petugas Avsec, petugas pertolongan kecelakaan penerbangan, dan petugas pemadam kebakaran. Untuk informasi selengkapnya bisa mengunjungi laman resmi CPNS Kementerian Perhubungan. 

4. Kejaksaan Agung 

Bagi lulusan SMA SMK sederajat yang tertarik, bisa juga mendaftar pada CPNS 2023 Kejagung. Untuk informasi selengkapnya bisa mengunjungi laman resmi Biro Kepegawaian Kejaksaaan Agung. 

5. Kementerian Hukum dan HAM 

Kemenkumham juga membuka formasi CPNS untuk lulusan SMA sederajat tahun ini. Posisi yang tersedia adalah sebagai penjaga tahanan. Untuk informasi selengkapnya bisa mengunjungi laman resmi CPNS Kemenkumham.

6. Kementerian Pertanian 

Calon pelamar lulusan SMA SMK sederajat juga bisa mendaftar formasi CPNS 2023 yang dibuka Kementerian Pertanian. Untuk informasi selengkapnya bisa mengunjungi laman resmi CASN Kementerian Pertanian. 

7. Badan SAR Nasional 

Badan SAR Nasional atau Basarnas juga membuka formasi CPNS 2023 untuk lulusan SMA SMK sederajat. Nantinya, para CPNS akan ditempatkan di berbagai posisi baru yang tersebar di seluruh Indonesia.  Untuk informasi selengkapnya bisa mengunjungi laman resmi Basarnas atau akun media sosial resmi Instagram @sar_nasional. 

 

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS