87 Tugu Perguruan Silat Tuban Masih Kokoh Berdiri, Pembongkaran Berjalan Lamban

Reporter : Ali Imron 

blokTuban.com - Badan Kesbangpol Kabupaten Tuban mencatat di wilayahnya terdapat 90 tugu perguruan silat yang tersebar di 13 kecamatan. Dari jumlah tersebut, 3 tugu diantaranya sudah dibongkar, Sabtu (2/9/2023). 

Artinya masih ada 87 tugu perguruan silat yang masih kokoh berdiri di Bumi Ronggolawe. Tugu yang sudah dibongkar berada di Kecamatan Bancar, Singgahan, dan Montong. Satu tugu berdiri di atas lahan pribadi dan dua lainnya di lahan negara

Secara rinci, tugu yang sudah dibongkar di Kecamatan Bancar milik Pagar Nusa tepatnya di Desa Sukolilo. Sedangkan di Montong dan Singgahan merupakan tugu PSH masing-masing di Desa Pucangan dan Laju Kidul. 

"Saat ini kami terus komunikasi dengan para ketua perguruan silat. Semoga segera menindaklanjuti surat imbauan pembongkaran tugu sesuai instruksi dari Pemprov Jatim," ujar Kepala Bakesbangpol Tuban, Yudi Irwanto dalam keterangannya dikutip blokTuban.com. 

Baca Juga:

Sebaran Tugu Perguruan Silat di Kabupaten Tuban, Terbanyak di 2 Kecamatan Ini

Yudi menambahkan, Pembongkaran tersebut berdasarkan instruksi Pemerintah Provinsi Jawa Timur (Pemprov Jatim) melalui surat imbauan Nomor 300/5984/209.5/2023 dari Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Jawa Timur dan Forkopimda Jatim.

Selama pelaksanaan pembongkaran tugu silat tersebut, lanjut Yudi akan dikawal sejumlah personel dari Bakesbangpol Tuban, Forkopimcam setempat, IPSI, dan anggota perguruan silat yang melaksanakan pembongkaran.

Sampai saat ini tidak ada penolakan pembongkaran tugu dari perguruan pencak silat. Hanya saja, beberapa perguruan silat masih menunggu instruksi dari pusat dalam pembongkarannya. 

“Akibatnya pembongkaran berjalan agak lambat," imbuhnya.

Baca Terkait:

Berdiri di Tanah Negara Sejak 2020, Tugu Perguruan PN Bancar Tuban Dibongkar

Pemkab berharap seluruh perguruan silat di Kabupaten Tuban tetap dan segera melakukan pembongkaran tugu secara mandiri dan tertib.

Diberitakan sebelumnya, rakor pembongkaran tugu perguruan silat dilakukan Pemkab Tuban bersama stakeholder pada pertengahan Juli 2023. Dalam prosesnya, Pemkab akan berhati-hati agar tidak menimbulkan masalah. [Ali]