Segini Biaya, Cara dan Lokasi Charge Mobil Listrik di Tuban

Reporter : Ali Imron 

blokTuban.com - Pemilik mobil listrik setiap hari terus bertambah, tak terkecuali di Kabupaten Tuban. Namun, banyak yang belum tahu berapa biaya, cara dan lokasi untuk mencharge mobil listrik di Kabupaten Tuban, Kamis (24/8/2023). 

Jika masyarakat umum lebih familiar dengan SPBU, ke depannya nama Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) akan muncul di mana-mana. Sementara ini SPKLU baru ada satu di Tuban, tepatnya di kantor pelayanan ULP PLN Jalan AKBP Suroko Tuban. 

SPKLU yang khusus hanya untuk kendaraan roda empat (R4) atau mobil listrik itu terpasang dengan daya 40 KW dan 20 KW. Sehingga pemilik mobil listrik tinggal menyesuaikan.

Manager ULP PLN Tuban, Agus Riyadi dalam keterangannya menyampaikan, keberadaan SPKLU di Tuban untuk mendukung keberadaan mobil listrik jenis Wuling atau Hyundai dan beberapa merek mobil listrik lainnya.

Baca Juga:

Kandang Jauh dari Rumah, Sapi Milik Warga Tuban Digelandang Maling

"Sejak dibuka, sudah ada 9 mobil listrik yang melakukan pengisian dan puas," klaim Riyadi wartawan dikutip blokTuban.com dalam keterangannya. 

Pengisian melalui SPKLU jika dimulai dari 0 persen hingga 100 persen membutuhkan waktu sekitar 120 menit. Untuk Per kWh biayanya Rp2.440 dan untuk jenis Wuling Air ev kapasitas baterai hingga full membutuhkan 60 kWh.

"Jenis baterai yang digunakan, yakni lithium ferro-phosphate (LFP) dengan kapasitas 17,3 kWh untuk model standar dengan jarak tempuh 200 kilometer," imbuhnya.

Smeentara untuk model long range, sambung dia, Wuling Air ev menggunakan baterai yang sama dengan kapasitas 26,7 kWh yang mampu menempuh jarak hingga 300 kilometer jika terisi penuh.

Baca Lainnya:

Diduga Sengaja Dibakar, Rumpun Bambu di Desa Panyuran Tuban Hangus Dilalap Api

"Di Tuban sebenarnya sudah ada 12 mobil listrik, tapi yang sering datang ke SPKLU Tuban ada 9 mobil," bebernya.

Selain di kantor palayanan ULP PLN Tuban, diproyeksi SPKLU akan berdiri di Rest Area Tuban atau yang sekarang berganti nama menjadi Tuban Abirama. [Ali]