Wujud Rasa Syukur, Warung Budaya Rangga Kusuma Gelar Suran Agung Kirab Tumpeng Robyong di Tuban

Reporter: Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Sebagai bentuk rasa sykur kepada Tuhan yang maha esa, Warung Budaya Rangga dan Para Cundaka menggelar Suran Agung Kirab Tumpeng Robyong, yang bertempat di Kelurahan Ronggomulyo, Kecamatan Tuban, Kabupaten Tuban.

Sesepuh Permadani Tuban sekaligus Tokoh Kebudayaan Tuban, Edy Ronggo mengatakan jika kegiatan ini diikuti oleh para pekerja seni yang ada di Kabupaten Tuban, sebagai wujud rasa syukur kepada Allah SWT, atas rezeki yang diberikan selama perjalanan karirnya.

“Kirab Tumpeng Robyong sebagai penghormatan kepada para leluhur, khususnya Allah SWT, bahwasanya kita telah diberikan hasil bumi yang melimpah. Tumpeng Robyong itu nantinya, akan diwujudkan dengan masakan yang sudah matang dan dimakan secara bersama-sama,” ujarnya, Selasa (22/8/2023).

Dimana, Tumpeng Robyong sendiri merupakan tanaman hasil bumi, yang akan diperebutkan oleh masyarakat, dengan tujuan untuk mendapatkan keberkahan dari Allah SWT.

Suran Agung: Kirab Tumpeng Rombyong  oleh Warung Budaya Rangga dan Para Cundaka.(Foto: Savira W Sofyana/bloktuban)  

Selain itu Tumpeng Robyong yang diperebutkan ini juga sebagai simbolis, bahwa manusia harus cepat, tanggap, dan juga tangkas. Pasalnya, ketika lemah dan malas, manusia tidak akan pernah mendapatkan apa-apa.

“Sesuai dengan kriteria Tahun 1957 dan sebentar lagi juga kita akan menghadapi pemerintahan yang baru, semoga seniman ke depannya semakin mendapatkan yang diinginkan,” katanya.

Sementara Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Timur, Nur Aziz yang turut hadir dalam kegiatan tersebut, mengaku merasa sangat haru dan bangga, dengan adanya kegiatan ini.

Sebab menurutnya, Kegiatan Suran Agung Kirab Tumpeng ini sangat positif, untuk pengembangan budaya dan tradisi warisan leluhur yang ada di Indonesia.

“Pelaku seni harus terus didampingi dan difasilitasi, untuk kegiatan-kegiatan yang lebih luas lagi. Sehingga dengan pemberdayaan kreativitas seni itu, tentu masyarakat akan menerima efek ekonomi dan tentunya negara juga akan menerima gerakan positif ekonomi yang ada di masyarakat,” ucapnya.

Lebih lanjut, pria yang akran disapa Aziz ini mengaku akan terus menggenjot pertumbuhan ekonomi masyarakat, terlebih setelah adanya Pandemi Covid-19 yang membuat banyak masyarakat terpuruk, lantaran tidak bisa mengakses kegiatan wisata dan seni budaya.

“Ke depan ini kita terus fasilitasi peningkatan di Provinsi Jawa Timur,” imbuhnya. [Sav/Dwi]

 

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS