Tips Atasi Hama Wereng Berbahan Alami,  Cukup Dengan Cara Ini

Reporter: Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Serangan hama wereng menjadi salah satu momok yang menakutkan bagi para petani. Pasalnya, hama tersebut dapat merusak tanaman padi dan mengakibatkan petani gagal panen.

Oleh karena itu, banyak petani yang melakukan berbagai cara untuk mengatasi permasalahan hama wereng ini, salah satunya dengan menyemprotkan berbagai obat-obatan kimia.

Namun, sebenarnya ada cara yang lebih efektif dan praktis dalam mengendalikan hama wereng tersebut, yaitu dengan menggunakan cara alami sesuai dengan persediaan di masing-masing daerah.

“Pertama itu pakai asap cair, itu cukup efektif untuk pengendalian wereng. Kemudian yang paling sederhana itu adalah dengan menggunakan air gula,” ungkap Divisi Pusat Pengkajian dan Penerapan Agroekologi SPI, Muhammad Qomarun Najmi.

baca  juga:

250 Hektare Lahan Terserang Wereng, Petani Tuban Pilih Bakar Padi yang Gagal Panen

 

Dalam pembuatan air gula ini sendiri, lanjutnya, sangat mudah yaitu dengan cara mencampurkan kurang lebih 250 gram gua ke dalam tangki yang telah berisi air.

Setelah gula tersebut larut ke dalam air, maka langsung bisa diaplikasikan atau disemprot secara merata ke tanaman padi, yang telah terserang hama wereng.

“Itu kita spray, nanti nanti gula tersebut akan menjadi media bakteri, nah wereng ini nanti akan diserang bakteri. Spesifiknya dia nanti yang akan menyerang wereng tersebut,” jelasnya.

Selain air gula, pria yang akrab disapa Qomarun ini juga menjelaskan hal lain yang bisa dilakukan untuk mengendalikan hama wereng tersebut ialah dengan menggunakan pestisida nabati.

Dimana, cara pengolahan pestisida nabati ini sendiri sama dengan pembuatan biosaka, yang terbuat dari ekstrak hasil remasa berbagai macam tanaman sehat, yang tumbuh di sekitar areal pesawahan dan sudah mampu beradaptasi dengan lingkungan disekitarknya. 

baca juga:

Gagal Panen Akibat Hama Wereng di Tuban, Serikat Petani Bagikan Tips Pencegahan

Hanya saja, dalam pembuatan pestisida nabati ini, para petani membutuhkan tumbuhan atau bahan-bahan yang memiliki rasa pahit atau beraroma kuat.

“Kita juga bisa membuat pestisida nabati, itu cara paling gampang. Kita cari bahan-bahan disitu yang rasanya paling pahit atau aromanya kuat dan itu kita campur saja,” imbuhnya. [Sav/Dwi]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS