Jelang Kompetisi Liga 1 2023/2024,Sejumlah Tim Uji Coba hingga Perampingan

Reporter : Ali Imron 

blokTuban.com - Sejumlah tim telah mementapkan diri untuk menyonsong kompetisi Liga 1 2023/2024. Salah satunya dengan uji coba dengan beberapa tim yang dianggap levelnya. 

Pertama ada tim PS Barito Putra. Dilansir blokTuban.com dari laman resmi PSSI, PS Barito Putera telah beberapa kali menggelar uji coba melawan tim selevel dalam mematangkan persiapan untuk mengarungi kompetisi Liga 1 2023/24.

Terakhir melawan PSS Sleman yang berakhir dengan skor 1-1 di Stadion Maguwoharjo Sleman, Minggu (18/6) sore.

Pelatih Barito Putera, Rahmad Darmawan menjelaskan bahwa uji coba ini menjadi ajang simulasi tim jelang menghadapi kompetisi musim depan.

Uji coba melawan tim kontestan Liga 1 juga termasuk menghadapi tekanan suporter tuan rumah.

Dia merasa senang dengan tekanan yang akan dihadapi tim karena mental pemain Barito Putera akan semakin matang menghadapi kompetisi selain aspek fisik, taktik, dan strategi.

“Kita harapkan karena uji coba ini simulasi paling mendekati situasi seperti kompetisi akan dimainkan,” kata pelatih yang akrab disapa RD itu.

 

Persib Bandung

Masa pemusatan latihan Persib di Yogyakarta akan menjadi ujian bagi seluruh pemain Persib. Luis Milla yang berencana memangkas skuatnya lebih ramping memungkinkan beberapa pemain akan dilepas atau dipinjamkan ke klub lain yang berminat.

Sebelumnya Luis Milla mengungkapkan bahwa dirinya hanya butuh 23 pemain untuk mengarungi Kompetisi Liga 1 2023/24. TC Yogyakarta tampaknya akan menjadi babak akhir untuk menentukan siapa saja pemain-pemain yang akan dipertahankan Milla.

“Saya paham bulan ini akan menjadi kesempatan menganalisa dan ujian bagi pemain. Mereka harus berjuang mendapatkan satu posisi karena yang main hanya 11 bukan 32, dan ini yang sangat sulit,” ungkap Milla.

Bagi pelatih asal Spanyol itu, sulit untuk menentukan pemain-pemain terbaik dalam usaha perampingan skuat ini. Mengingat seluruh pemain Persib di timnya saat ini punya usaha dan sikap yang bagus dalam meningkatkan performa mereka di lapangan.

 

Persebaya Surabaya 

Persebaya Surabaya bakal menjalani laga uji coba melawan tim selevel, Persija Jakarta di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya, Minggu (18/6).

Laga uji coba ini juga menjadi bagian dari rangkaian hari jadi Persebaya ke-96 tahun.

Pelatih Persebaya, Aji Santoso memastikan akan memberi kesempatan kepada seluruh pemain untuk mengukur sejauh mana kesiapan tim berjuluk Bajul Ijo itu sebelum terjun mengarungi kompetisi musim depan.

Dia akan menerapkan kesempatan yang sama kepada pemain seperti laga uji coba melawan sesama tim Liga 1 sebelumnya, Bali United FC.

“Saya kan sudah sampaikan lawan Bali (United) sudah banyak yang saya turunkan. Jadi untuk pertandingan melawan Persija banyak pemain yang akan saya berikan kesempatan untuk mengetahui kesiapan pemain untuk kompetisi musim depan,” ungkap Pelatih berusia 53 tahun itu.

Aji Santoso juga akan menjadikan laga uji coba melawan Persija untuk melihat progres perkembangan tim hasil dari pemusatan latihan (TC) selama 10 hari di Yogyakarta.

 

Persija Jakarta 

Persija Jakarta akan melakukan laga tandang pertamanya musim ini. Tapi, bukan laga Liga 1, melainkan laga persahabatan melawan Persebaya Surabaya di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Minggu (17/6), pukul 15.30 WIB.

Pelatih Persija, Thomas Doll, menyebutkan uji coba tersebut mempunyai target yang sama dengan laga sebelumnya. Pelatih berkebangsaan Jerman itu berniat memberikan pemainnya menit bermain yang cukup dalam masa persiapan tim.

"Seirama dengan program latihan yang kami berikan untuk pemain, tiga uji coba terakhir (termasuk melawan Persebaya) kami akan menjadi ujian yang bagus karena level mereka sangat bagus dan berbeda dari dua uji coba pertama. Saya harap kami mendapat hasil yang bagus dari semua uji coba,” ujar Thomas Doll.

Apalagi selama memasuki minggu ketiga pra musim, Thomas Doll sudah memberikan program yang berbeda dari dua minggu sebelumnya. Selain menggenjot fisik, Riko Simanjuntak dkk. terlihat sudah banyak berlatih taktikal. Kini melawan Persebaya dirinya akan coba mengaplikasikan hal tersebut.

"Timnya kini terus berlatih mempersiapkan fisik dan sudah memasuki latihan yang intens pada minggu ketiga ini. Sampai sekarang mereka sudah melakukannya dengan baik,” ucap Thomas Doll.

 

PSIS Semarang 

PSIS Semarang akan segera me-launching skuat terbarunya untuk kompetisi Liga 1 2023/24. Tak sekadar memperkenalkan skuat terbaru juga jersey terbarunya, manajemen Mahesa Jenar juga sekaligus akan menggelar laga uji coba melawan klub papan atas Kamboja, Phnom Penh Crown FC.

Sebagai informasi, klub asal Kamboja ini baru saja meraih gelar Cambodian League Cup 2023 pada awal Juni lalu.

"Dalam waktu dekat, kami akan menggelar uji coba dengan Phnom Penh Crown FC yang merupakan klub papan atas Liga Kamboja di Stadion Jatidiri. Mohon doa restunya, semoga semua persiapan lancar karena kami akan memperkenalkan pemain-pemain PSIS musim ini dan jersey baru," kata CEO PSIS.

Hanya saja dia belum menyebut tanggal pasti penyelenggaraannya. Yoyok Sukawi mengatakan akan menggelarnya dalam waktu dekat dengan menunggu perizinan dan seluruh proses administrasi selesai.

"Tanggalnya akan kami rilis secepatnya setelah segala proses perizinan dan administrasi selesai," tambah Yoyok Sukawi. [Ali]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS