Makanan Kaya Manfaat Favorit Nabi Muhammad SAW

Oleh: Dwi Rahayu

blokTuban.com – Mengkonsumsi makanan yang sehat dan kaya akan manfaat menjadi kebiasaan Nabi Muhammad semasa hidup.

Sedikitnya terdapat 10 jenis makanan yang dikonsumsi Rasulullah. Sebagian besar makanan yang kaya manfaat ini mudah didapatkan untuk sekarang.

1. Kurma

Makanan kaya manfaat yang disukai Nabi Muhammad SAW yang pertama adalah kurma. Bukan rahasia lagi, buah kecil yang satu ini sangat bergizi, kaya serat, Vitamin B-6 dan mineral yang sangat diperlukan dalam tubuh kita sehari-hari. Kurma juga bagus untuk para penderita kolesterol karena buah ini sangat rendah lemak. 

2. Buah Tin

Buah ini adalah salah satu buah surga yang bermanfaat untuk mengobati penyakit asam urat, memperkuat tulang dan mengandung nutrisi tinggi. Selain itu, buah tin juga memiliki kandungan antioksidan yang baik untuk melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas.

3. Susu

Susu sangat penting untuk memperkuat tulang dan gigi karena kaya akan kalsium. Selain itu, susu juga dapat menyembuhkan penyakit lambung, memperbaharui penglihatan dan meningkatkan memori manusia. Nabi Muhammad SAW pun rutin mengonsumsi susu kambing dan unta.

4. Madu

Madu adalah obat alami untuk hampir semua jenis penyakit. Nabi Muhammad SAW sendiri rutin meminum segelas air yang dicampur dengan madu setiap pagi. Madu dianggap dapat menyembuhkan semua penyakit mulai dari masalah lambung, nafsu makan hingga mengendalikan dahak.

5. Zaitun

Minyak zaitun juga salah satu makanan dari surga. Diriwayatkan oleh Ibnu Umar r.a., Rasulullah SAW pernah bersabda: “Minumlah minyak zaitun dan berminyak dengannya kerana sesungguhnya ia adalah dari pohon yang diberkati.” (HR Al-Baihaqi & Ibnu Majah). 

Minyak zaitun sangat bermanfaat untuk perawatan kulit dan rambut serta mengurangi peradangan Minyak zaitun bisa untuk dikonsumsi atau digunakan sebagai minyak oles.

6. Jelai

Jelai merupakan makanan sejenis gandum yang biasa dikonsumsi seperti sereal. Jelai sangat bermanfaat untuk menyembuhkan demam. Rasulullah SAW biasa mengonsumsinya dalam bentuk roti, adonan, dan bubur atau sup hangat.

7. Melon

Melon memiliki kandungan air yang tinggi dan rendah kalori. Selain itu, melon juga mengandung berbagai vitamin dan mineral yang bersifat anti-kanker. Buah ini dapat membantu mengobati penyakit ginjal, lambung hingga penyakit jantung. 

Nabi Muhammad SAW biasa makan melon dengan kurma segar. Beliau bersabda: “Yang satu mengusir panas, yang lain mengusir dingin.” (HR. At- Tirmidzi).

8. Labu

Labu sangat bermanfaat untuk paru-paru dan memerangi cacat lahir pada manusia. Selain itu, labu juga berfungsi sebagai obat untuk penyakit seperti asma, tekanan darah, beberapa jenis kanker serta penyakit jantung.

9. Daging

Daging memiliki protein yang tinggi dan mineral. Mineral ini sangat penting untuk kekuatan tulang dan memainkan peran penting dalam menjaga sistem kekebalan tubuh manusia dan jaringan tubuh. Daging kambing adalah makanan favorit Nabi Muhammad SAW.

10. Anggur

Dalam surah Ar-Rad ayat 4, disebutkan bahwa buah anggur memiliki kelebihan dalam hal rasa dibanding buah lainnya. Buah anggur memiliki banyak manfaat kesehatan, seperti melancarkan peredaran darah, mencegah penyakit ginjal serta bagus untuk sistem pencernaan.

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS