Bacaan Doa yang Harus Diketahu Para Calon Jamaah Haji

Oleh: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Berangkat melaksanakan ibadah haji tidak semua orang mendapatkan kesempatan tersebut. Maka bagi yang hendak menjadi jamaah haji penting mengetahui dan mengamalkan niat berhari berikut ini.

Berkaitan dengan doa ibadah haji, tentu setiap calon jamaah haji mendapat pembekalan dan edukasi. Hal tersebut nantinya akan memudahkan setiap jamaah haji untuk mengetahui doa apa saja yang harus dihafal dan dibaca demi kelancaran ibadah haji. 

Berikut beberapa bacaan doa yang dapat diamalkan sewaktu berangkat ibadah haji.

1. Niat Ibadah Haji

لَبَّيْكَ اللَّـهُمَّ حَجًّا

Labbaikallahumma hajjan

Artinya : “Kupenuhi panggilan-Mu ya Allah untuk berhaji.”

 

2. Bacaan Talbiyah

لَبَّيْكَ اللَّهُمَّ لَبَّيْكَ، لَبَّيْكَ لاَ شَرِيكَ لَكَ لَبَّيْكَ إِنَّ الْحَمْدَ وَالنِّعْمَةَ لَكَ وَالْمُلْكَ ، لَا شَرِيْكَ لَكَ

Labbaikallahumma labbaik, labbaika laa syariikalaka labbaika innalkhamdu wanni’mata laka walmulku, laa syariikalaka

Artinya: “Aku datang memenuhi panggilan-Mu Ya Allah, aku datang memenuhi panggilan-Mu, aku datang memenuhi panggilan-Mu tidak ada sekutu bagi-Mu, aku datang memenuhi panggilan-Mu. Sesungguhnya segala puji, kemuliaan dan segenap kemuliaan dan segenap kekuasaan adalah milik-Mu, tidak ada sekutu bagi-Mu.”

 

3. Bacaan Shalawat

اللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ

Allahumma sholli wasallam ‘alasayyidinaa muhammadin wa ‘alaa aali sayyidinaa muhammadin

Artinya: “Ya Allah limpahkanlah rahmat dan keselamatan kepada Nabi Muhammad dan keluarganya.”

 

4. Doa Setelah Sholawat

اللَّهُمَّ إنَّا نَسألُكَ رِضَاكَ وَالجَنَّةَ وَنَعُوْذُ بِكَ مِنْ سَخَطِكَ وَالنَّارِ رَبَّنا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Allahumma innaa nas’aluka ridho ka wajannata wana’udzubika min sakhothika wannari robbana aatinaa fiiddunya khasanatan wa fil akhirati khasanatan waqinaa adzabannari.

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya kami memohon keridhaan-Mu dan surga, kami berlindung pada-Mu dan kemurkaan-Mu dan siksa neraka. Wahai Tuhan Kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, dan hindarkanlah kami dari siksa neraka.”

 

5. Doa Memasuki Kota Mekkah

اللَّهُمَّ هَذَا حَرَمُكَ وأَمْنُكَ فَحَرِّم لَحْمِيْ وَدَمِيْ وشَعْرِي وَبَشَرِيْ عَلَى النَّارِ، وَأَمِّنِّي مِنْ عَذَابِكَ يَومَ تَبْعَثُ عِبَادَكَ، وَاجْعَلْنِي مِنْ أَولِيَائِكَ وَأَهْلِ طَاعَتِكَ

Allahumma hadzaa kharamuka wa amnuka fakharralakhmii wadamii wa sya’rii wabasyarii ‘alannaari, wa’ammanna min adzaabika yaumatab’atsu ‘ibaadaka, waj’alnii min ‘auliyaa’ika wa’ahli tho’atika.

Artinya: ”Ya Allah, kota ini adalah Tanah Haram-Mu dan tempat aman-Mu, maka hindarkanlah daging, darah, rambut, dan kulitku dari neraka. Dan selamatkanlah diriku dari siksa-Mu pada hari Engkau membangkitkan kembali hamba-Mu, dan jadikanlah aku termasuk orang-orang yang selalu dekat dan taat kepada-Mu.”

 

6. Doa Masuk Masjidil Haram

اللَّهُمَّ أَنتَ السَّلاَمُ وَ مِنكَ السَّلاَمُ وَاِلَيكَ يَعُودُ السَّلاَمُ فَحَيِّنَا يَا رَبَّنّا بِالسَّلاَمِ وَ أَدخِلنَا الجَنَّةَ دَارَ السَّلاَمِ تَبَارَكتَ رَبَّنَا وَ تَعَالَيتَ يَا ذَاالجَلاَلِ وَالاِكرَام

للَّهُمَّ افْتَحْ لِي أبْوَابَ رَحْمَتِكَ. بِاسْمِ اللَّهِ وَالحَمْدُ لِلَّهِ وَالصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلَى رَسُوْلِ اللهِ

Allahumma antassalaamu waminkassalaamu wailaika yaudussalaamu fakhayyanaa yaa rabbunnaa bissalaami wa’adkhilnaljannata daarassalaam taabarakta rabbanaa wata’alaita yadzaljalaali wal ikram.

Artinya: “Ya Allah, Engkau sumber keselamatan, dari-Mulah datangnya keselamatan dan kepada-Mu kembalinya keselamatan. Maka hidupkanlah kami, wahai Tuhan kami, dengan selamat sejahtera dan masukkanlah kami ke dalam surga negeri keselamatan. Maha banyak anugerah-Mu dan Maha Tinggi Engkau Wahai Tuhan yang memiliki keagungan dan kehormatan.

Ya Allah, bukakanlah untukku pintu-pintu rahmat-Mu. (aku masuk masjid ini) dengan nama Allah disertai dengan segala puji bagi Allah serta shalawat dan salam untuk Rasulullah.”

 

7. Doa Ketika Melihat Ka’bah

اللَّهُمَّ زِدْ هَذَا البَيْتَ تَشْرِيفاً وَتَعْظِيماً وَتَكْرِيماً وَمَهَابَةً، وَزِدْ مَنْ شَرَّفَهُ وَعَظَّمَهُ وَكَرَّمَهُ مِمَّنْ حَجَّهُ أَوِاعْتَمَرَهُ تَشْرِيفاً وَتَعْظِيْماً وَتَكْرِيْماً وَبِرًّا

Allahumma zid hadzal baita tasyriifan wata’dhiiman watakriiman wamahaabata, wazid man syarrafahu wa ‘adhomahu wakarramahu mimman khajjahu ‘awi’tamarahau tasyriifan wata’dhiiman watakriiman wabirran.

Artinya: “Ya Allah, tambahkanlah kemuliaan, keangungan, kehormatan  dan wibawa pada Bait (Ka’bah) ini. Dan tambahklan pula pada orang-orang yang memuliakan, mengagungkan dan menghormatinya di antara mereka yang berhaji atau yang berumrah dengan kemuliaan, keagunggan, kehormatan, dan kebaikan.”

 

8. Doa Ketika Melintasi Makam Ibrahim

رَبِّ أَدْخِلْنِي مُدْخَلَ صِدْقٍ وَأَخْرِجْنِي مُخْرَجَ صِدْقٍ وَاجْعَلْ لِي مِنْ لَدُنْكَ سُلْطَانًا نَصِيرًا وَقُلْ جَاءَ الْحَقُّ وَزَهَقَ الْبَاطِلُ إِنَّ الْبَاطِلَ كَانَ زَهُوُقًا

Rabba adkhilnii mudkhola shidkin wa’akhrijni mukhraja shidkin waj’alii min ladunka sulthoo naashiiron wa kuljaa ‘alkhaqqu, wazahaqolbaatilu innalbaathila kaana zahuwukon.

Artinya: “Ya Tuhanku, masukkanlah aku secara masuk yang benar dan keluarkanlah (pula) dengan keluar yang benar dan berikanlah kepadaku dari siksa-Mu kekuasaan yang menolong. Dan katakanlah (wahai Muhammad) yang benar telah datang dan yang batil telah lenyap. Sesungguhnya yang batil itu adalah sesuatau yang pasti lenyap.”

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS