Waspada 8 Penyakit yang Timbul Pasca Lebaran Idul Fitri, Simak Cara Mengatasinya

Oleh: Dwi Rahayu 

blokTuban.com - Pada saat lebaran menjadi momen yang identik dengan suguhan makanan lezat namun banyak mengandung lemak dan tidak jarang pula pedas.

Kendati demikian, penting bagi setiap individu untuk berhati-hati dalam memilih asupan makanannya selama lebaran. Pasalnya, terdapat sejumlah penyakit setelah lebaran yang rentan terjadi jika tidak menjaga pola makan.

Macam-macam penyakit yang timbul setelah lebaran yang perlu diwaspadai:

1. Diare

Meningkatnya frekuensi buang air besar dan bercair. Diare setelah lebaran sering kali terjadi karena pola makan yang tidak terjaga, seperti mengonsumsi makanan pedas, tinggi lemak secara berlebihan dan tanpa mencuci tangan atau makanan yang terkontaminasi bakteri.

2. Sindrom Dispepsia

Hal ini dikarenakan makanan pedas dan tinggi lemak yang dikonsumsi saat lebaran cenderung lebih sulit dicerna oleh lambung sehingga dapat memicu naiknya asam lambung. Akibatnya, kondisi tersebut berisiko menimbulkan gejala nyeri pada ulu hati, perut kembung, hingga mual dan muntah.

3. Radang Tenggorokan

Radang tenggorokan atau faringitis merupakan peradangan yang terjadi di tenggorokan dan dengan rasa perih serta nyeri ketika menelan. Saat lebaran, penyakit ini sering kali terjadi karena konsumsi makanan dan minuman yang terlalu panas, dingin, atau pedas secara berlebihan.

4. Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi)

Kondisi tekanan darah di atas 120/80, kondisi ini juga rentan terjadi selama lebaran karena konsumsi hidangan lebaran yang mengandung lemak dan garam tinggi secara berlebihan.

5. Nyeri Otot

Saat lebaran kegiatan fisik yang padat meningkat dari silaturahmi ke beberapa kerabat hingga berwisata justru dapat menimbulkan gangguan kesehatan, seperti nyeri hingga kram otot.

6. Penyakit Asam Urat

Gout adalah radang sendi yang disebabkan oleh menumpuknya kristal asam urat di dalam tubuh. Penyakit asam urat rentan kambuh saat lebaran karena konsumsi makanan yang mengandung asam urat secara berlebihan, seperti melinjo, kacang tanah, dan produk olahannya.

7. Kolesterol Tinggi

Asupan makanan berlemak, seperti gorengan, jeroan, dan santan, yang tidak terkontrol saat lebaran diketahui berisiko meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL) di dalam tubuh dan beresiko memicu komplikasi serius.

8. Diabetes

Mengkonsumsi hidangan lebaran yang mengandung gula tinggi secara berlebihan diketahui dapat meningkatkan kadar gula darah di dalam tubuh. Bila dibiarkan, kondisi ini berisiko menimbulkan penyakit diabetes.

Setelah mengenali beragam penyakit pasca lebaran yang rentan terjadi tersebut, terdapat beberapa tips untuk meminimalisir resiko penyakit tersebut semakin parah.

1) Minum air putih yang cukup, yaitu kurang lebih 2 liter sehari.

2) Memperbanyak konsumsi sayur dan buah.

3) Membatasi konsumsi makanan yang terlalu panas atau dingin.

4) Membatasi konsumsi makanan berlemak dan tinggi gula.

5) Istirahat yang cukup.

6) Olahraga rutin.

Itulah 8 penyakit yang patut diwaspadai pasca lebaran usai dan cobalah terapkan tips mengantisipasi komplikasi dari berbagai penyakit tubuh.

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS