Potensi Budidaya Udang Vaname di Desa Cepokorejo Tuban Memiliki Kualitas Ekspor

Kontributor : Nur Qur'ani Mulia*

blokTuban.com - Desa Cepokorejo merupakan salah satu Desa dari 19 Desa yang ada di wilayah Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban dengan potensi cukup besar. Menurut Suyatno (42 tahun) selaku PLT Sekdes Desa Cepokorejo mengatakan bahwa potensi Desa Cepokorejo yaitu terdapat sektor pertanian serta budidaya udang.

Desa yang dipimpin oleh Yaskur selaku Kepala Desa Cepokorejo periode 2019-2025 yang dulunya juga seorang petani. Diketahui mayoritas mata pencaharian Desa Cepokorejo adalah sebagian besar pada sektor pertanian, holtikultura tanaman pangan seperti padi, buah-buahan dan sayur-sayuran.

“Iya, secara garis besar mata pencaharian warga sini adalah petani, seperti tanam padi banyak, buah juga ada di sini. Jadi, kalo potensi ya dari sektor pertanian Holtikultura tanaman pangan itu,” Ujar PLT Sekdes kepada blokTuban.com saat diwawancarai, Senin (03/04/2023).

Budidaya udang pada Desa Cepokorejo juga menjadi salah satu potensi yang dapat diunggulkan Desa Cepokorejo, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban. Pasalnya, udang di Desa Cepokorejo memiliki kualitas ekspor. Hal tersebut lantaran letak geografis desa yang berada di perbatasan dengan laut sehingga dapat dimanfaatkan sebagai budaya tambak udang vaname dan bandeng. 

“Banyak warga sini yang memiliki tambak yang beragam, mulai dari tambak udang vaname ada di sini, potensinya cukup bagus juga. Kemudian ada tambak ikan bandeng, dan ada juga tambak garam gosok,” ujarnya.

“Selain menjadi sumber penghasilan, adanya tambak tesebut juga bisa menjadi tenaga kerja yang banyak diambil dari warga sekitar, jadi kebanyakan yang kerja ya asli lokal warga sini semua” Imbuhnya.

Di sisi lain, budidaya tambak udang vaname di Desa Cepokorejo diketahui memiliki kualitas yang cukup baik. Dapat dikatakan memiliki kualitas ekspor serta telah mengalami ekspor sampai ke luar negeri.

“Iya keunggulan tambak udang vaname di sini itu sudah kualitas ekspor mbak, jadi sudah pernah ekspor ke luar negeri seperti China dan Jepang. Karena kebetulan pengusahanya juga dari luar tapi pekerjanya kebanyakan asli warga sini,” tutupnya. [Lia/Ali]

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS  

 

*: Penulis merupakan mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura yang magang di kantor redaksi blokTuban.com di Jalan Pramuka II No.19 kelurahan Sidorejo, Tuban.