Masyarakat Nelayan di Tuban Gelar Doa Sambut Musim Angin Barat

Reporter :  Muhammad Nurkholis

blokTuban.com – Paguyuban Keagenan Pelayaran Tanjung Awar-Awar Tuban bersama nelayan Desa Kaliuntu melakukan doa bersama menyambut musim angin barat di lapangan TPI Desa Kaliuntu, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, Senin (12/12/2022).

 

Kegiatan ini diikuti oleh puluhan nelayan Desa Kaliuntu bersama beberapa stakeholder seperti Polri, TNI dan juga  BMKG. Tak hanya berdoa demi keselamatan dan juga ketentraman nelayan, dalam kegiatan ini juga diisi dengan berbagai himbauan terkait angin barat.

 

“Kami lakukan doa bersama sebagi bentuk meminta kepada Tuhan serta kami juga melkaukuan sosialisai kepada masyarakat agar lebih berhati-hati ketika hendak melaut saat musim angin barat,” ujar Ketua Paguyubaan Keagenan Pelayaran Tanjung Awar-Awar, Wawan Purwanto kepada blokTuban.com.

 

Menurut Wawan salah satu dampak dari musim angin barat ialah cuaca lebih sering buruk dan tidak menentu. Selain itu sering juga menimbulkan ombak besar serta angin kencang, tentunya hal ini dapat membahayakan keselematan nelayan.

 

"Dengan adanya acara ini nantinya jika ada indikasi cuaca kurang bagus agar nelayan lebih sadar dan tidak memaksakan diri untuk melaut,"  tambahnya.

 

Kegiatan ini juga tak hanya dilakukan di Desa Kaliuntu saja dan di tahun berikutnya akan digilir ke desa-desa lain seperti Mentoso dan Beji. [Nur/Dwi]

 

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS