15:00 . Unik! Petani Tuban Andalkan Burung Hantu Usir Hama Tikus   |   08:00 . Gabut Saat Pandemi, Perempuan Tuban Sulap Batu Kali Jadi Kaktus Hias   |   07:00 . Pembalut Herbal dengan Deodoran Bisa Picu Keputihan Tidak Normal   |   19:00 . Kunjungi Kantor blokTuban.com, Manajemen Tugu Media Group Belajar Pengelolaan Media   |   18:00 . Jemput Bola, TNI AL Koarmada II Sebar Brosur Vaksinasi Bagi Masyarakat   |   17:00 . Rencana Kerja Pengadaan Tanah Waduk Jadi I Mulai Dilelang   |   14:00 . Kekurangan Siswa, 20 SD dan SMA Negeri Tuban Ditutup   |   11:00 . Mengaku Terima Bisikan Ghaib, Warga Rengel Habisi Tetangga Pakai Balok Kayu   |   10:00 . Teh Telang Kemasan: Solusi Nikmati Minuman Herbal Praktis   |   08:00 . Diserbu Warga Luar Kota, Swab PCR Mandiri di RSUD Koesma Tuban Ditutup Sementara   |   07:00 . Merantau Bisa Latih Imajinasi Otak Anak, Ini Penjelasannya   |   19:00 . Seni Karawitan Ramaikan Tradisi Manganan di Desa Klotok   |   18:00 . Tumpah Ruah, Guyub Rukun Warga Plumpang Wiwit Padi   |   15:00 . Saat Beroperasi, Kilang Tuban Butuh Listrik 678 Megawatt   |   14:00 . Desa Bejagung Kejar Target 62 Persen Capaian Vaksin   |  
Tue, 28 September 2021
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Aktif Donor Darah, Bupati Huda Serahkan Penghargaan ke TPPI

bloktuban.com | Monday, 14 June 2021 15:00

Aktif Donor Darah, Bupati Huda Serahkan Penghargaan ke TPPI

Reporter : Ali Imron 
 
blokTuban.com - Bupati Tuban, Fathul Huda menyerahkan piagam penghargaan kepada pendonor darah rutin di Kabupaten Tuban, Senin (14/6/2021) di Kantor Palang Merah Indonesia (PMI) Jalan Pramuka nomor 2 Tuban. 
 
Penghargaan diberikan kepada mereka yang telah mendonorkan darahnya sebanyak 50 kali dan 75 kali. Penyerahan penghargaan dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan. 
 
Para pendonor merupakan pahlawan tanpa tanda jasa di bidang kemanusiaan. Donor darah membawa manfaat bagi diri sendiri dan orang lain. Dengan mendonorkan darah, pendonor telah menyelamatkan banyak nyawa. 
 
"Saya sampaikan terima kasih kepada seluruh pendonor atas keikhlasannya,” kata Bupati Huda dalam sambutannya. 
 
Penghargaan yang diserahkan kali ini, lanjut Bupati tidak bisa disandingkan dengan besarnya manfaat dan dedikasi yang diberikan pendonor darah kepada negara, khususnya di Kabupaten Tuban. 
 
Pendonor juga berkontribusi bagi bangsa Indonesia mengingat kebutuhan darah nasional terbilang kurang. Salah satu penyebabnya karena kurangnya pemahaman masyarakat tentang arti penting donor darah. 
 
Menyikapi hal tersebut, PMI Tuban diminta terus menggalakkan promosi dan edukasi kepada masyarakat. Dengan melakukan donor darah menjadi wujud syukur dan kepedulian kepada orang lain. Meski penerima donor darah tidak mengetahui siapa yang mendonorkan darah, maka jasa donor darah menjadi catatan amal baik. 
 
Penerima penghargaan dari Bupati Huda, PR & CSR Section Head PT. TPPI, Taheran Sidik Prabowo, ST. MM mengucapkan terimakasih. Donor ke-50 kali sebenarnya sudah tahun 2020 lalu, dan penghargaannya diberikan tahun ini bertepatan peringatan Hari Donor Darah Sedunia. 
 
Selama ini, TPPI sebagai perusahaan yang rutin melaksanakan donor darah setiap tiga bulan sekali dengan menyumbangkan 140-150 pendonor dari karyawan tiap 3 bulan. Belum lagi karyawan yang langsung donor ke kantor pelayanan PMI. 
 
Selain itu, TPPI juga melakukan sosialisasi ke masyarakat sekitar dan melaksanakan kegiatan donor darah dengan pendonor saat ini mencapai 70 orang per pelaksanaan 3 bulan sekali. 
 
"Semoga ke depan kesadaran masyarakat tentang pentingnya donor darah ini terus meningkat sehingga meningkatkan jumlah pendonor. Setetes darah yang kita sumbangkan akan membantu menyelamatkan hidup sesama umat manusia. Pedonor sehat, penerima donor selamat," sambung pria asli Tuban. 
 
Kepala Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Tuban, dr. Didik Suharsoyo mengatakan penyerahan penghargaan bersamaan dengan peringatan Hari Donor Darah Sedunia tanggal 14 Juni. Masyarakat Kabupaten Tuban memiliki kepedulian yang tinggi untuk mendonorkan darah, mulai dari pelajar SMA sampai dengan usia lanjut. 
 
Didik Suharsoyo menerangkan UTD PMI Tuban tiap bulannya menerima donor darah mencapai 800-1.000 kantong. Jumlah tersebut melebihi kebutuhan bulanan di Kabupaten Tuban sebanyak 600 kantong, sehingga mampu membantu kabupaten lainnya. 
 
“Kami biasanya menerima permintaan dari Bojonegoro, Lamongan, Pati, Rembang sampai Semarang,” jelasnya. 
 
Pada masa pandemi Covid-19, lanjut Didik, PMI Tuban juga menerima donor darah plasma konvalesen. Produksi darah konvalesen di PMI Tuban dalam satu tahun terakhir mencapai 880 kantong untuk 414 pasien. PMI Tuban melayani donor darah konvalesen 18 daerah di Jawa Timur dan Jawa Tengah. 
 
“Kami prioritaskan memenuhi kebutuhan di Kabupaten Tuban, baru selanjutnya luar daerah Tuban,” terangnya. 
 
Pada kesempatan yang sama, Wakil Ketua I PMI Tuban, Sutrisno menjelaskan PMI Tuban berusaha semaksimal mungkin memberikan pelayanan kepada masyarakat, salah satunya kegiatan donor darah. Sekaligus terus meningkatkan kinerja dengan berkoordinasi dengan Perhimpunan Pendonor Darah Indonesia (PPDI) dan masyarakat. Mereka yang telah mendonorkan darah diajak agar ikut berpartisipasi mengedukasi masyarakat, terutama generasi milenial. [ali/sas]

Tag : donor, darah, tppi, utd, pmi, tuban



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 07 August 2021 14:00

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf Aliansi alumni dan mahasiswa IAINU Kabupaten Tuban pada Sabtu (7/8/2021) pagi menggereduk gedung rektorat yang terletak di Jalan Manunggal Kelurahan Sukolilo, Kecamatan/Kabupaten Tuban. Kedatangan puluhan massa tersebut untuk menanyakan legalitas...

    read more