Libatkan Polwan, Polres Tuban Perketat Pemeriksaan di Pintu Masuk Markas

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Jajaran Polres Tuban memperketat penjagaan di pintu masuk Markas Komando (Mako) Polres Tuban. Penjagaan itu diperketat dengan melakukan pemeriksaan terhadap setiap tamu yang hendak masuk.

Dalam penjagaan itu, jajaran Polres Tuban melibatkan sejumlah Polisi Wanita (Polwan). Keterlibatan sejumlah Polwan itu membuat suasana lebih cair di tengah ketatnya pemeriksaan saat akan memasuki Mako Polres Tuban.

Dengan senyum, sapa, salam, sopan dan santun, sejumlah polwan tersebut memeriksa dan mengecek barang bawaan masyarakat yang akan masuk di Mako Polres Tuban.

Pada kesempatan itu, salah satu polwan Bripda Kirana menjelaskan, dirinya bersama polwan lainnya mendapatkan perintah untuk melaksanakan pemeriksaan masyarakat yang datang untuk mengurus surat-surat maupun membutuhkan pelayanan lainnya di Polres Tuban

"Sesuai surat perintah setiap hari ada dua polwan yang bertugas disini. Tugas Kita melakukan pemeriksaan setiap tamu yang masuk berikut pengecekan barang-barang yang dibawa" terang Bripda Kirana, Senin (19/4/2021).

Sementara itu, ditempat terpisah Kapolres Tuban AKBP Ruruh Wicaksono, menjelaskan pelibatan polwan untuk melaksanakan pengecekan adalah bagian dari peningkatan sistem keamanan Mako Polres Tuban.

"Saya sudah tekankan kepada jajaran untuk siaga setiap saat, jangan hanya Kita siaga ketika pasca kejadian teror maupun pasca kejadian lain," kata AKBP Ruruh.

Lebih lanjut, dilibatkannnya polwan di pointu masuk Mako tersebut untuk melaksanakan pemeriksaan masyarakat yang masuk dan pengecekan terhadap barang bawaan.

"Sengaja pintu masuk Mako Kita kasih kanal, kita berikan sekat untuk perlintasan antara roda empat dan roda dua agar memudahkan anggota yang jaga untuk melakukan pengecekan," imbuh Kapolres.

Lebih lanjut, pihaknya menyadari dengan keterbatasan sarana dan prasarana yang ada di Mako, belum bisa menerapkan Access card seperti di Polda. Sebab, pintu masuk Mako tidak seluas pintu masuk Polda.

"Namun demikian kita sedang berupaya kedepannya nanti kendaraan anggota akan kita tempeli sticker untuk memudahkan personel yang ada di penjagaan untuk mengenali kendaraan kita," pungkas perwira asal Ngawi itu.[hud/ono]