Kader PDI Perjuangan Tuban Tanam Pohon di Bantaran Kali Kening

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Para kader DPC PDI Perjuangan Kabupaten Tuban melakukan tanam pohon di bantaran Kali Kening atau anak Sungai Bengawan Solo Desa Selogabus, Kecamatan Parengan, Sabtu (13/2/2021).

Gerakan penghijauan bertemakan sungai jalan peradaban ini, memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) PDI Perjuangan yang ke 48 dan Ultah ke-74 Megawati Soekarno Putri.

Sekretaris DPC PDI Perjuangan Tuban, Tulus Setyo Utomo mengatakan sub Daerah Aliran Sungai (DAS) Bengawan Solo wajib dilestarikan karena menjadi jantung pertanian masyarakat sekitar.

"Kali Kening punya peran penting di Tuban Selatan. Selain irigasi, sungai yang berhulu di wilayah Jawa Tengah juga memiliki potensi besar untuk dikembangkan," ujar Tulus.

Adapun banyak pohon yang ditanam 4.500 jenis pohon Mahoni, pohon Jambu, dan pohon keras lainnya. Tanaman tersebut disiapkan untuk menahan longsor tepi sungai, sekaligus menambah pemasok oksigen bagi mahluk hidup.

PDI Perjuangan, kata Tulus juga berkomitmen membangun peradaban manusia Indonesia dengan menjaga kualitas lingkungan hidup. Karena interaksi antara manusia dan alam harus semakin diperbaiki, sehingga proses pembangunan selaras dengan keseimbangan alam.

Aksi tanam pohon para kader PDI Perjuangan sebelumnya juga mendapat apresiasi dari Presiden Joko Widodo. Tindakan konkret kader PDIP se-Indonesia dalam rangkaian peringatan HUT Ke-48 PDIP, dengan menggalakkan cinta lingkungan melalui gerakan menanam pohon di seluruh Indonesia.

Perlu diketahui, selain kader dan pengurus DPC PDI Perjuangan, kegiatan tanam juga melibatkan TNI dan Polri. Selama ini Kali Kening sering meluap disaat puncak musim penghujan. Gerakan penghijauan menjadi salah satu alternatif untuk meningkatkan daya serap air hujan. [ali/sas]