3.636 Vaksin Menuju Tuban, Tiga Kelompok Ini Divaksin Pertama

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Vaksin Covid-19 di prediksi Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tuban tiba di wilayahnya paling cepat dua hari mendatang. Di tahap awal vaksinasi, intansi yang berkantor di Jalan Brawijaya Tuban mengusulkan 3.636 vaksin.

Kepala Dinkes Tuban, Bambang Priyo Utomo mengatakan penyuntikan vaksin akan dilakukan serentak pada 13 Januari 2020 diikuti secara serentak di 34 provinsi se-Indonesia, Rabu (6/1/2021).

"Ada tiga kelompok yang akan divaksin pertama dengan tujuan meningkatkan kepercayaan dan partisipasi tenaga kesehatan dan publik dalam program vaksinasi gratis," ucap Bambang kepada blokTuban.com.

Kelompok pertama, yaitu pejabat publik pusat dan daerah. Mencakup Presiden, Menteri, Gubernur, Panglima, Jenderal, Kepala Dinas Kesehatan, Sekda, Pangdam, Kapolda dan Direktur Utama RS rujukan Covid-19.

Kelompok kedua, pengurus profesi asosiasi tenaga kesehatan dan 'key leader' kesehatan daerah. Kelompok ketiga, tokoh agama daerah meliputi, perwakilan Nahdlatul Ulama, Muhammadiyah, dan perwakilan organisasi Kristen, Katolik, Budha, Hindu.

Ditambahkan Juru Bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Tuban, Endah Nurul K. bahwa jumlah vaksin akan terus bertambah karena data 3.636 adalah tahap awal yang diusulkan.

"Vaksin sudah ada di Pemprov Jatim dan sedang dikirim ke Tuban," sambungnya.

Dengan adanya vaksin, Endah yang juga Sekretaris Dinkes Tuban mengajak masyarakat untuk membiasakan kehidupan sehari-hari dengan protokol kesehatan. Seperti memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan menjaga jarak aman/tidak berkerumun.

Diketahui, jumlah pasien yang sembuh dari Covid-19 terus bertambah. Pada Selasa (5/1/2021) ada 50 pasien sembuh, dari total kumulatif terkonfirmasi positif 1946 kasus di Kabupaten Tuban.

Tingginya angka kesembuhan di Tuban, berbanding terbalik dengan kasus baru. Per tanggal 5 Januari 2021 ada tambahan 28 kasus baru. [ali/ono]