Reklame dan Pohon Ambruk Diterjang Angin

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Hujan lebat disertai angin kencang di Kabupaten Tuban pada Sabtu (31/10) siang memicu pohon dan papan reklame ambruk. Angin kencang menerjang kawasan Bumi Wali mulai pukul 13.45 WIB.

Pohon ambruk terpantau di Jalan AKBP Suroko Kelurahan Kebonsari, Kecamatan Tuban. Nampak akar pohon tercerabut dari tanah, karena tak mampu menahan terpaan angin.

Pohon besar ini tidak mengenai rumah, karena ujung pohon tertahan pohon lain di seberang jalan. Robohnya pohon ini membuat arus lalu lintas terganggu. Hanya becak, roda dua dan mobil pribadi yang masih bisa melintas. Untuk truk harus cari jalur lain.

Dasim salah satu saksi di lokasi kejadian mengaku, pohon tumbang bersamaan datangnya angin kencang yang melanda Kecamatan Kota. Selain di Jalan AKBP Suroko, kerusakan pohon juga ada di Jalan Gajah Mada Tuban.

"Tadi dahannya yang tumbang sempat dipinggirkan bersama petugas," ucapnya.

Menurutnya kerusakan pohon terparah di sebelah utara Kantor PLN Tuban. Meski tidak ada bangunan yang tertimpa pohon, tapi aliran listrik di wilayah tersebut ikut padam.

Ditambahkan Camat Jenu, M. Maftuchin Reza bahwa di wilayahnya angin kencang juga merobohkan papan reklame. Tepatnya di pertigaan Desa Beji-Wadung.

Kejadian ini telah dilaporkan Camat Jenu ke Dinas Koperindag untuk dievakuasi. Dibutuhkan alat las untuk memotong reklame, karena sempat mengganggu arus jalan nasional. Petugas TNI dan Polri juga telah berada di lokasi.

"Sudah kami laporkan tinggal menunggu instansi terkait datang. Sementara hanya reklame, belum ada laporan pohon tumbang," tandas mantan Camat Bangilan. [ali/ito]