08:00 . Bareng Komunitas Sepeda, Bupati Bagi Masker di Pasar Pramuka   |   16:00 . Karang Taruna Kecamatan Tuban Gelar Pelatihan Wirausaha   |   15:00 . PPDI Kecamatan Soko Resmi Dilantik   |   12:00 . SIG Ajari Petani Green Belt Budidaya Tanaman Buah   |   11:00 . Pemkab Gelontorkan Jaring Pengaman Sosial Rp2,1 M   |   08:00 . Pertamina EP Terus Upayakan Perbaikan CPP Gundih   |   07:00 . Gaya Hidup Sehat bisa Perpanjang Umur Pengidap Penyakit Kronis   |   16:00 . PT. TPPI Renovasi 9 Rumah Tidak Layak Huni di Tuban   |   14:00 . Selain Rapat Umum, Jenis Kampanye Ini Ditiadakan   |   12:00 . PRKP Akan Sanksi Tegas Pengerusak Westafel Umum   |   10:00 . Rekam Percakapan Serang Bank Jatim, Pria Ini Mohon Maaf   |   07:00 . Ini Cara Atasi Biang Keringat pada Bayi   |   19:00 . Jasad Pencari Udang Rebon Ditemukan Mengambang di Pantai Boom Tuban   |   18:00 . Konsumsi BBM dan LPG Meningkat Menjelang Akhir September   |   17:00 . Unirow Launching Kuliah Pascasarjana   |  
Sun, 27 September 2020
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Wednesday, 16 September 2020 12:00

55 Desa Berpotensi Kekeringan, Terbanyak di Kecamatan Soko

55 Desa Berpotensi Kekeringan, Terbanyak di Kecamatan Soko

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Musim kemarau menyebabkan pasokan air bersih di Kabupaten Tuban menurun drastis. Tercatat ada 55 desa yang berpotensi kekeringan di tahun 2020.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tuban, Yudi Irwanto mengatakan, 55 desa yang berpotensi kekeringan di kemarau tahun ini merupakan usulan camat setempat.

"Usulan tersebut kemudian ditindaklanjuti tim BPBD dengan melalukam assesment," terang Yudi kepada blokTuban.com, Rabu (16/9/2020).

Data BPBD yang diterima blokTuban.com, ke 55 desa yang dimaksud tersebar di beberapa kecamatan. Mulai Kecamatan Semanding, Grabagan, Rengel, Soko, Parengan, Merakurak, Montong, Senori, Jarirogo, Kenduruan, dan Palang.

Untuk Kecamatan Semanding yang berpotensi kekeringan Desa Sambongrejo di Dusun Drudi (300 kk) dan Randu Banjar (60 kk). Desa Semanding di Dusun Kayen (120 kk), Desa Jadi di Dusun Gembul (20 kk), Jadi (25 kk), Tlogonongko (20 kk), Selang (25 kk), Desa Bektiharko Dusun Medokan (15), Bogor (150 kk). Desa Prunggahan Kulon Dusun Jarum (25 kk), Mojokopek (40 kk), Tlogopule (45 kk), dan Tunah (350 kk).

Sementara dari beberapa kecamatan tersebut yang paling banyak desa kekeringan ada di wilayah Kecamatan Soko. Mulai Desa Menilo Dusun Joklitik (200 kk), Desa Simo Dukuh Krajan (1253 kk), Desa Mojoagung, Jati, Bangunrejo, Sumurcinde, Nguruan, PrambonTergayang, Rahayu, Mentoro, Cekalang, dan Pandangagung.

Di Kecamatan Grabagan ada tiga desa terdampak kekeringan yaitu Desa Grabagan, Gesikan, dan Ngandong. Kecamatan Rengel ada Desa Sawahan, Maibit, Rengel, Punggulrejo, dan Sumberejo.

Di Kecamatan Parengan potensi kekeringan terjadi di Desa Dagangan, Pacing, Brangkal, Margorejo, Kumpulrejo, dan Sembung. Kecamatan Merakurak Desa Tuwiri Kulon dan Pongpongan. Kecamatan Montong Desa Sumurgung, Talangkembar, Tanggulangin, Jetak.

Kecamatan Senori desa yang terdampak yaitu Desa Sidoharjo, Wanglu Kulon, Sendang, Jatisari, Medalem, Leran, Kaligede, dan Katerban. Di Kecamatan Jatirogo meliputi Desa Wotsogo, Sadang, Bader, Jombok.

Kecamatan Kenduruan mencakup desa Jlodro, Tawaran, Sidorejo, Sidomukti. Di Kecamatan Palang baru Desa Ketambul yang terdampak kekeringan.

"Data kami ada 55 desa, 88 dusun dan 20.463 kk terdampak kekeringan," tegas mantan Kabag Umum Pemkab Tuban.

Sebagaimana diketahui, ada tiga klasifikasi kekeringan. Kering langka terbatas I (jarak sumber air 0,1-0,5 Km), kering langka terbatas II (jarak sumber air 0,5-3 Km), dan kering langka terbatas III (jarak sumber air > 3 Km). [ali/ito]

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Tag : Kekeringan, tuban, pertanian



PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Saturday, 22 August 2020 14:00

    KONGRES KEDUA AMSI

    AMSI: Brand yang Sehat Harus Tampil di Konten yang Sehat

    AMSI: Brand yang Sehat Harus Tampil di Konten yang Sehat blokTuban.com - Jakarta - Kongres Kedua Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) resmi dibuka hari ini, Sabtu (22/8/2020). Kongres yang digelar secara virtual, karena berlangsung di tengah pandemi Covid-19, akan berlangsung...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more