20:00 . Napak Tilas Kisah Dewi Rasawulan, Adik Sunan Kalijaga   |   18:00 . Gotong-Royong Warga Palang Urug Ped Jalan Longsor Akibat Banjir   |   17:00 . Pertamina EP Asset 4 Sukowati Field Berikan Bantuan Korban Longsor   |   16:00 . Awal Tahun, Ini Target Produksi Migas Asset 4 Field Cepu   |   15:00 . Kunker di Kejaksaan, Komisi II Soroti Permasalahan Tukar Guling TKD Purworejo   |   13:00 . Usai Divaksin Pertama, Ketua DPRD Tuban Yakinkan Vaksin Covid Aman   |   12:00 . Tuban Terapkan PPKM, Simak 9 Poin Batasannya   |   11:00 . Ditlantas Polda Jatim Launching Aplikasi 'Mentalku', Tes Psikologi SIM Bisa Lewat Smartphone   |   10:00 . Bupati dan Wakil Bupati Tuban Tak Ikut Divaksin Corona   |   08:00 . DPRD Tuban Umumkan Penetapan Cabup dan Cawabup Terpilih   |   07:00 . Gejala dan Tips Cara Mengatasi Pilek pada Bayi   |   18:00 . Ini 10 Tokoh di Tuban yang Akan Divaksinasi Besok   |   17:00 . 11 Orang Positif Covid-19 Tempati Rumah Dinas Wabup Tuban   |   15:00 . Banyak Lubang di Jalan Pantura Tuban, Relawan Fahmi Fikroni Berikan Tanda   |   12:00 . Curanmor di Kerek Terekam CCTV, Pemilik Motor Beberkan Ciri Pelaku   |  
Thu, 28 January 2021
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Kepala BDK Surabaya Sampaikan Pengembangan SDM Kemenag Tuban dan Moderasi Beragama

bloktuban.com | Wednesday, 02 September 2020 15:00

Kepala BDK Surabaya Sampaikan Pengembangan SDM Kemenag Tuban dan Moderasi Beragama

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Kepala Balai Diklat Keagamaan Surabaya, Muchammad Thoha memberikan materi Kebijakan Pengembangan SDM Kementerian Agama dan Moderasi Beragama pada Pelatihan Teknis Pelayanan Publik Bagi Madrasah Wilayah Kerja Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tuban, di MTs Negeri 1 Tuban, Rabu (2/9/2020).

Kepada sekitar 60 orang peserta, pihaknya mengatakan bahwa peningkatan kompetensi ada tiga aspek yaitu kompetensi teknis, kompetensi manajerial dan kompetensi sosial kultural.

"Tata nilai terkait kompetensi aparatur yaitu sukses, SDM milenial kedepan, disiplin prima, profesional, orientasi mutu dan manfaat, kuasai Informasi Teknologi (update tehnologi), kesadaran untuk belajar lagi dan yang terakhir berprestasi, dengan cara meningkatkan kompetensi diri," jelasnya.

Selain itu, pihaknya juga menyampaikan tentang moderasi beragama. Menurutnya, moderasi beragama penting untuk terus dikembangkan masyarakat guna membangun kebhinekaan yang ada di Indonesia. Pentingnya moderasi untuk terus dikembangkan, karena jika tidak bisa akan menimbulkan masalah dikemudian hari. Karena, pada dasarnya moderasi beragama adalah kukuh pada ajaran masing-masing. Namunn tetap penuh toleransi untuk membangun kebhinekaan yang ada di Indonesia.

"Imam besar Masjidil Haram banyak ulama dari Indonesia. Kalau Indonesia dikatakan bangsa yang bodoh itu salah besar. Indonesia negara yang yang luar biasa. Jangan terlalu membanggakan negara lain. Jangan percaya settingan sekarang yang mengatakan negara kita negara yg bodoh dan malas. Kita harus bangkit, kita bangsa yang besar jangan mudah di adu domba oleh orang lain. Moderasi beragama harus di jaga. Seberapapun panjang jubahmu kalau itu membentur-benturkan kesatuan dan persatuan bangsa harus kita tolak dengan tegas," paparnya panjang lebar yang kemudian disambung tepuk tangan dari oara peserta.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tuban, Sahid mengatakan tujuan moderasi beragama ialah untuk menghadirkan keharmonisan di dalam kehidupan sebagai sesama anak bangsa. Sahid juga menekankan untuk mewaspadai munculnya kelompok intoleran yang sering mengklaim bahwa pemahamannya adalah paling baik sedangkan yang lainnya tidak atau sesat. [feb/ito]

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Tag : Kemenag, tuban, surabaya



PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Wednesday, 30 December 2020 17:00

    Cangkruk Mathuk Bersama EMCL

    Lomba Essay dan Fotografi EMCL, 3 Reporter BMG Raih Juara

    Lomba Essay dan Fotografi EMCL, 3 Reporter BMG Raih Juara Pasca dilaksankan Cangkruk Mathuk dalam jaringan (daring) yang digelar operator Lapangan Banyuurip, ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) bersama para wartawan 3 Kabupaten pada Rabu (25/11/2020), dilanjutkan dengan lomba essay dan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more