Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Seiring dengan kesembuhan pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Tuban yang terus meningkat, masih terjadi juga peningkatan kasus terkonfirmasi baru pada beberapa kecamatan.

Seperti terlihat dari data peta sebaran yang dirilis oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Sabtu (25/7) selain adanya 13 pasien yang dinyatakan sembuh, masih terjadi tujuh kasus baru, dimana satu di antaranya sudah meninggal dunia.

"Penambahan ini termasuk satu pasien dari Kecamatan Singgahan. Sehingga dengan penambahan ini semua kecamatan di Kabupaten Tuban pernah memiliki riwayat pasien terkonfirmasi positif Covid-19," ujar juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Tuban, Endah Nurul Komariyati, Minggu (26/7/2020).

Untuk kasus terkonfirmasi baru tersebut adalah Perempuan (70) asal Singgahan, Perempuan (42), dan Laki-laki (3) asal Tuban, Perempuan (47) asal Soko, Laki-laki (72) asal Widang; Laki-laki (79) asal Parengan dan Perempuan (42) asal Palang yang sudah meninggal dunia saat berstatus Suspek.

Sedangkan untuk kesembuhan hari ini didapatkan dari beberapa klaster yaitu TPI Palang, Pasar Leran Wetan, Grabagan dan beberapa kecamatan, atau jika dirinci yaitu Perempuan (38), (46), (53) dan Laki-laki (48) asal Palang, Perempuan (19), (52) dan Laki-laki (22), (38), (67) asal Grabagan, Perempuan (7), (31) dan Laki-laki (61) asal Tuban serta Perempuan (38) asal Plumpang.

"Angka kesembuhan yang mencapai 65 persen ini harus menjadi motivasi kita bersama, terutama dalam menerapkan protokol kesehatan di mana pun kita berada. Pencapaian ini jangan sampai membuat lengah, karena sampai saat ini masih kita temui juga penambahan kasus baru," pesan Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Tuban ini.

Kasus suspek berdasarkan peta sebaran adalah sebanyak 18 orang. Sedangkan Jumlah kasus terkonfirmasi positif corona secara kumulatif adalah sebanyak 181 orang dengan keterangan 118 orang sembuh, 16 meninggal dunia dan 47 masih dalam perawatan dan isolasi. [ali/col]