Zona Merah, Hasil Swab Santri Temboro Asal Palang Positif

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Jumlah kasus terkonfirmasi positif Virus Corona (Covid-19) di Kabupaten Tuban bertambah satu orang, Rabu (29/4/2020).

Jumlah tersebut bertambah setelah hasil tes Swab santri Pondok Pesantren Al Fatah Temboro, Kabupaten Magetan asal Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban dinyatakan positif terjangkit Covid-19.

Berdasarkan update peta persebaran Covid-19 yang dirilis Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban per 29 April 2020, jumlah terkonfirmasi positif Covid-19 bertambah menjadi 4 orang.

Dengan rincian 1 dari Kecamatan Tuban Kota, 1 dari Kecamatan Semanding dan telah meninggal dunia, 1 dari Kecamatan Jatirogo dan yang baru ini 1 orang dari Kecamatan Palang.

"Jumlah terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Tuban per 29 April bertambah satu orang. Satu orang itu merupakan klaster Temboro asal Kecamatan Palang berusia 16 tahun," terang Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Tuban, Heri Prasetiyo saat dikonfirmasi.

Heri menjelaskan, setelah hasil tes Swabnya dinyatakan terkonfirmasi positif. Kini santri laki-laki asal Kecamatan Palang tersebut telah menjalani isolasi di RSNU Tuban dengan kondisi sehat atau Orang Tanpa Gejala (OTG).

"Semula yang bersangkutan ini isolasi mandiri, berhubung hasil Swab positif maka sekarang isolasi di RSNU Tuban," jelas Heri yang juga sebagai Kooordinator Bagian Humas Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Tuban.

Lebih lanjut, selain jumlah terkonfirmasi positif Covid-19 bertambah satu orang. Jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) di Kabupaten Tuban juga bertambah satu orang asal Kecamatan Montong.

"Jumlah PDP juga bertambah satu prang dari Kecamatan Montong. PDP ini bukan klaster Temboro," pungkasnya.

Diketahui, saat ini jumlah ODP di Kabupaten Tuban ada sebanyak 554 orang, 414 orang lainya telah selesai di pantau. Sedangkan jumlah PDP sebanyak 23 orang 8 orang dinyatakan sembuh dan 4 meninggal dunia.

Sedangkan jumlah terkonfirmasi positif Covid-19 ada 4 orang, satu orang meninggal dunia. [hud/rom]