10:00 . Awal Desember, Jumlah Terkonfirmasi Positif di Tuban Capai 22 Orang   |   09:00 . Erupsi Semeru, Bright Gas Hadir di Dapur Umum Dinsos Lumajang   |   08:00 . Penerimaan PBB-P2 2020 Lampui Target   |   07:00 . Hindari, 14 Kebiasaan yang Tak Disadari Bisa Menghambat Karier   |   18:00 . Jembatan Glendeng Penghubung Tuban-Bojonegoro Kembali Ditutup Total   |   17:00 . Kunker di Tuban, Kajati Jatim Beri Pengarahan Seluruh Pegawai Kejari Tuban   |   16:00 . BMG Sabet Juara 2 Feature Online dan Foto Essay   |   15:00 . Wakil Bupati Tuban Hadiri Uji Coba Mall Pelayanan Publik   |   14:00 . BMG Sabet Juara 2 Kategori AJP   |   13:00 . Pameran Virtual Bulan Desember, dari 30 Perupa untuk Indonesia   |   12:00 . Bupati Huda Uji Coba MPP dan Launching ADM   |   11:00 . JaDI Resmi Daftar Pemantau Pemilu di KPU Tuban   |   09:00 . Bupati Tuban Resmikan Pasar Rakyat Kenduruan   |   07:00 . Mengapa Stres Membuat Kita Rentan Jatuh Sakit?   |   15:00 . Bawaslu dan KPU Akui Kampanye Virtual di Pilkada Tuban Nihil   |  
Fri, 04 December 2020
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Saturday, 21 March 2020 09:00

Bikin Handsanitizer Mandiri dan Optimalkan Kunjungan Online

Bikin Handsanitizer Mandiri dan Optimalkan Kunjungan Online

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Kewaspadaan terhadap wabah Virus Corona (Covid-19) juga dilakukan di lingkungan Lapas Kelas II B Tuban. Untuk menyeterilkan area, petugas lapas di Jalan Veteran ini membuat handsanitizer secara mandiri, Sabtu (21/3/2020).

Cukup mudah untuk membuat handsanitizer. Perlu disiapkan alkohol 70 persen 1 liter dan 200 mililiter Aloevera. Kedua bahan tersebut dicampur di botol dan sudah siap digunakan.

Alasan menggunakan bahan Aloevera untuk menjaga kelembapan. Sedangkan jika hanya memakai alkohol akan cepat kering. Setiap Napi (narapidana) dihimbau untuk sering-sering mencuci tangan dan menjaga kebersihan lingkungan.

Dua hari sekali, seluruh kamar warga binaan atau Napi disemprot menggunakan desinfektan. Kasur, bantal dan perlengkapan tidur Napi sebelumnya sudah dikeluarkan ke teras kamar.

"Penyemprotan kita awali dari kamar Napi perempuan dilanjut ke kamar laki-laki," terang Kalapas Kelas II B Tuban, Siswarno kepada reporter blokTuban.com.

Adapun penyemprotan massal dengan bantuan tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), masih menunggu antrean kawasan prioritas. Penyemprotan ini menggunakan mobil pemadam kebakaran.

Alumni Akademi Ilmu Pemasyarakatan Angkatan 36, juga mengoptimalkan kunjungan online bagi keluarga Napi mulai hari ini. Karena jam besuk napi ditiadakan, untuk mencegah penyebaran Covid-19 ini.

Ada empat layar monitor PC yang disambungkan ke aplikasi WhatsApp. Setiap Napi mendapat waktu menelepon keluarganya. Mereka nampak gembira bisa langsung berbincang melalui layar monitor.

"Waktu lama kunjungan online ini 5 menit," imbuh pria asal Semanding tersebut.

Lapas yang huniannya sudah overload itu, telah menerapkan berbagai teknologi untuk memudahkan pelayanan. Data base Napi telah tersistem dan pengunjung bisa memberi saran dan masukan untuk perbaikan Lapas.

Per 17 Maret 2020, Lapas Tuban dihuni 352 Napi melebihi kapasitas 226 orang. Anggota Komisi III DPR RI Wihadi Wiyanto dalam kunjungan kerja juga mengusulkan adanya relokasi Lapas Tuban. [ali/rom]

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Tag : corona, virus, covid



PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Thursday, 26 November 2020 14:00

    Selamat, Kak Bibin Resmi Lepas Lajang

    Selamat, Kak Bibin Resmi Lepas Lajang Momen bahagia kembali dirasakan Keluarga besar Blok Media Group (BMG). Personil dari Blok Multimedia (anak perusahaan BMG), M. Tholibin resmi melepas masa lajangnya setelah menyunting pujaan hatinya, Siti Muza'roah....

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more