Antisipasi HIV dan Corona, Lapas Tuban Periksa Warga Binaan

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Tuban bersama Puskesmas Kebonsari Tuban menyelenggarakan kegiatan sosialisasi perilaku hidup sehat dan bersih, Etika batuk serta pencegahan HIV AIDS, Jumat (13/3/2020).

Pada kegiatan itu, juga dilakukan pemeriksaan atau screening HIV/AIDS untuk para Narapidana yang merupakan program dari Puskesmas Kebonsari di Lapas Tuban.

Kalapas Tuban, Siswarno mengatakan, dalam kegiatan ini Lapas Tuban bekerjasama dengan Puskesmas Kebonsari memberikan sosialisasi pencegahan penyakit menular. 

Dia menambahkan, pihak Puskesmas juga memiliki kegiatan yang sama yaitu Program Screening HIV/AIDS yang telah dilakukan sejak, Kamis (12/3/2020).

“Kita ajak Puskesmas untuk penyuluhan atau sosialisasi tata cara hidup sehat, tata cara etika berbatuk dan lain-lain, agar terhindar dari penyakit menular,” ujar Kalapas Tuban, Siswarno.

Siswarno mengungkapkan, Lapas Tuban juga melakukan pencegahan Virus Korona dengan cara melakukan pengecekan suhu tubuh pengunjung serta menyebarkan brosur penanganan Virus Corona.

“Untuk mengantisipasi Corona kita sebar brosur pencegahan dan penanganan virus korona sekaligus pengecekan suhu tubuh untuk setiap pengunjung,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Kebonsari Lilik mengatakan sangat mendukung kegiatan sosialisasi tersebut, diharapkan dengan adanya kegiatan itu warga binaan yang tidak paham akan mengubah perilaku menjadi hidup bersih dan sehat.

"Sosialisasi ini saya harapkan mudah-mudahan bisa memberikan manfaat untuk perbaikan perilaku penghuni Lapas,” kata Lilik.

Dia juga menekankan bila terdapat warga binaan yang terindikasi TBC maupun HIV tetap akan dipantau dan akan berikan pengobatan cara tuntas untuk HIV. "Kita sudah bekerjasama rumah sakit karena ada yang positif karena nanti ada pemeriksaan lanjutan,” pungkasnya.[hud/col]