07:00 . Cara Alami Mengatasi Nyeri Lambung GERD   |   18:00 . Forum Biker Tuban Tambal dan Beri Tanda Jalan Pantura yang Berlubang   |   17:00 . Diringi Jidoran dan Reog, Bacabup dan Bacawabup ini Datangi Kantor KPU Tuban   |   16:00 . Setiajit Hadiri Pelantikan HKTI Tuban   |   15:00 . Panwascam Rengel Sukses Penuhi Kuota Perekrutan Panwaslu Desa   |   14:00 . Tanggul Jebol Pucangan Mulai Diperbaiki   |   13:00 . Banjir Bandang 3 Jam Bunuh Ternak Warga   |   12:00 . Dispendik Keluarkan Surat Edaran Waspada Penculikan Anak   |   11:00 . JLS Tuban 2020, Pemenang Lelang Tak Ada Problem dengan Lahan   |   10:00 . Setelah Avour Suru, Bendungan Suci di Palang Ikut Jebol   |   09:00 . Ancaman Banjir, Tanggul Jebol di Kecamatan Palang Belum Tertangani   |   08:00 . Ketemu Kaum Milenial Setiajit Disambati Jalan Rusak dan Sulitnya Pekerjaan   |   07:00 . Serangan Jantung Tiba-Tiba Kerap Tidak Diketahui Penderita   |   12:00 . Sabtu-Minggu, KPU Tuban Tetap Layani Pendaftar PPS   |   11:00 . Penuhi Permintaan Pertamina, Kilang TPPI Produksi Pertadex Lebih Cepat   |  
Mon, 24 February 2020
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Friday, 14 February 2020 10:00

Diresmikan Menteri Fachrul Razi, Stitma Bertransformasi Jadi IAINU

Diresmikan Menteri Fachrul Razi, Stitma Bertransformasi Jadi IAINU

 

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Makhdum Ibrahim (Stitma) kini bertransformasi menjadi Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama (IAINU) Kabupaten Tuban. Alih status lembaga di Jalan Manunggal ini diresmikan oleh Menteri Agama Jendral TNI (Purn.) H. Fachrul Razi, Jumat (14/2/2020).

Hadir Bupati Tuban, Fathul Huda, Wakil Bupati Noor Nahar Hussein, Ketua DPRD Miyadi, Forkopimda, Camat, tokoh agama, tokoh masyarakat dan undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Bupati Fathul Huda menjelaskan di wilayahnya jumlah walinya tersebar di 20 kecamatan. Jumlahnya di atas 400, dan pernah dilakukan napak tilas.

"Bumi Wali diharapkan bisa meneruskan perjuangan Menag dan mendapat barokah para wali. Barokah yang dirasa yaitu kerukunan umat beragama. Indeksnya jauh di atas nasional yaitu 84,2. Sedangkan nasional indeknya 73," tutur Bupati Huda.

Bupati dua periode ini, menyebut Kabupaten Tuban masih berbau ISIS dan HTI. Yang bisa diambil pelajaran, militannya para tokoh tersebut menyebarkan brosur yang isinya jelas menentang pemerintah. Brosur disebar di lingkungan masjid.

"Kami mengapresiasi Menag karena sudah menolak ISIS," tegas Bupati kelahiran Montong itu.

Mantan Ketua PCNU Tuban ini mengucapkan selamat kepada pengelola Stitma karena statusnya berubah menjadi IAINU Tuban. Dulu diberi hibah oleh pemerintah seluas 6 hektare. Mau sertifikatkan tanah tidak kuat, dan patungan kambing tak cukup.

"Sertifikat dianggarkan Pemkab kurang lebih Rp1 miliar. Sehingga lembaga di sekitar NU atau dibawah Menag sebagian sudah disertifikatkan tanahnya," bebernya.

Harapannya IAINU bisa meningkatkan kualitas mahasiswanya. Sekaligus berpegang teguh kualitas dan spiritual. Tidak hanya mengandalkan teknologi tapi juga barokah para guru dan pendahulunya.

Sementara Menteri Agama Fachrul Razi mengatakan, alih status ini merupakan perjuangan panjang dan tak gampang.
Semoga keberadaan IAINU bisa mendukung geliat keilmuan dan riset generasi milenial saat ini.

Tak kalah pentingnya, mewarisi pemikiran Sunan Bonang yang mampu mengawinkan agama dan kebangsaan.

"Saya yakin dari IAINU akan lahir generasi yang pandai membaca zaman dan peka terhadap perkembangan. Saya resmikan Stitma dari IAINU," tandasnya. [ali/col]

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Tag : Peresmian, kemenag, iainu



Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Friday, 17 January 2020 12:00

    Poling blokTuban.com Menganulir Suara Ganda oleh Robot

    Poling blokTuban.com Menganulir Suara Ganda oleh Robot Sistem polling yang diadakan blokTuban.com mulai Kamis (16/1/2020) kemarin, untuk mengukur partisipasi pembaca terkait sosok Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Tuban mendeteksi keberadaan bot/robot yang memilih lebih dari satu...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more