07:00 . Kehabisan Masker Sekali Pakai, Bolehkah Pakaikan Anak Masker Kain?   |   18:00 . Fauzan Fuadi Menilai Gerakan #DiRumahAja Cenderung Setengah Hati   |   17:00 . Pertamina EP Asset 4 Salurkan Bantuan ke Dinkes   |   16:00 . Kurang Konsentrasi, Pengendara Motor Terjebur Ke Dalam Sungai   |   14:00 . 60 Persen Pendonor Absen, Stok Darah Trombosit di PMI Kosong   |   13:00 . Gerindra Berikan Masker dan Hand Sanitizer untuk RSUD Koesma   |   12:00 . Cegah Penyebaran Corona, Pemdes dan Warga Kebomlati Gotong Royong Semprot Fasum   |   11:00 . Terapkan Physical Ditancing, Perpustakaan Tutup Layanan   |   08:00 . Tanggapi Cuitan Guru Honorer, Dispendik Harap Sabar dan Pengertian   |   07:00 . 4 Hal yang Bisa Dilakukan agar Tak Kepikiran soal Masa Lalu Pasangan   |   13:00 . Antisipasi Covid-19, Desa Gununganyar Terapkan Physical Distancing   |   12:00 . Nelayan Ojek Laut Semprot Disinfektan Mandiri   |   11:00 . Ada Lima PDP di Tuban, Salah Satunya Anggota DPRD   |   10:00 . Pertamina EP Asset 4 Sosialisasikan Protokoler Covid 19   |   09:00 . Relawan Setiajit Bersama Warga Gotong Royong Lawan Covid-19   |  
Tue, 31 March 2020
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Friday, 17 January 2020 14:00

Disabilitas Tuban Punya Kesempatan Sama Kerja di 790 Perusahaan

Disabilitas Tuban Punya Kesempatan Sama Kerja di 790 Perusahaan

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Bupati Tuban Fathul Huda menegaskan, semua perusahaan yang beroperasi di Kabupaten Tuban harus menyerap warga lokal menjadi tenaga kerja. Pekerjaan yang mampu dikerjakan warga Tuban hendaknya menggunakan tenaga kerja lokal.

Hal tersebut diungkapkan Bupati Tuban saat memimpin Upacara Tujuh Belasan dan Bulan K3 Pemkab Tuban tahun 2020, Jumat (17/1/2020), di halaman Pemkab Tuban, diikuti Sekretaris Daerah, pimpinan OPD, perwakilan perusahaan dan pegawai Pemkab Tuban.

Lebih lanjut, Bupati Tuban menyatakan, penyandang disabilitas memiliki kesempatan yang sama untuk memperoleh pekerjaan di perusahaan.

Penyandang disabilitas juga mempunyai potensi dan kompetensi yang dibutuhkan perusaahan, karenanya Pemkab Tuban harus memfasilitasinya. Jadi, perusahaan tidak perlu meragukan kemampuan mereka.

Selain itu, perusahaan yang belum bisa memberikan gaji sesuai Upah Minimum Kabupaten (UMK), segera mengirim surat penundaan. Selanjutnya, Pemkab Tuban akan melakukan kajian dan inspeksi.

“Akan dicari tahu, apakah benar-benar tidak mampu atau mengada-ada,” jelasnya.

Langkah ini sesuai dengan regulasi yang berlaku dan semua pihak diminta untuk mengawal kebijakan ini agar terlaksana dengan optimal.

Bupati Huda menginstruksikan agar perusahaan terus membudayakan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3).

“Kami menyampaikan terima kasih bagi perusahaan yang telah berpartisipasi menjaga keselamatan dan kesehatan pekerja,” tuturnya.

Kepala Dinas Penanaman Modal, PTSP dan Tenaga Kerja Kabupaten Tuban, Tadjuddin Tebyo menyebutkan, sampai akhir tahun 2019 jumlah perusahaan di Bumi Wali ada sebanyak 790 perusahaan dari kategori kecil hingga besar. Sedangkan, jumlah angkatan kerja mencapai 659.499 orang dan yang sudah bekerja sebanyak 640.855 orang.

“Jumlah pencari kerja yang terdaftar sebanyak 5.091 orang,” sambungnya.

Tadjuddin menambahkan, pada tahun 2020 UMK Kabupaten Tuban mengalami kenaikan sebesar 8,51 persen, yang semula 2,3 juta menjadi 2,5 juta. Peningkatan ini diharapkan mampu motivasi pekerja untuk terus meningkatkan kinerjanya.

Untuk diketahui pada tahun 2020, Bupati Tuban memperoleh penghargaan Pembina K3 terbaik ke-5 dari Pemprov Jawa Timur yang diserahkan Gubernur Jawa Timur pada Senin lalu. Selain itu, sebanyak 29 perusahaan memperoleh penghargaan.

Adapun rinciannya yaitu sebanyak 22 perusahaan memperoleh penghargaan Kecelakaan Nihil (Zero Accident Award), sejumlah 3 perusahaan memperoleh penghargaan sistem manajemen K3 (SMK3), sejumlah 3 perusahaan menerima penghargaan Kecelakaan Nihil dan SMK3, dan satu perusahaan memperoleh penghargaan program Pencegahan dan Penanggulangan HIV-AIDS (P2HIV-AIDS). [ali/rom]

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Tag : tenaga kerja, pekerjaan, pekerja



PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Friday, 17 January 2020 12:00

    Poling blokTuban.com Menganulir Suara Ganda oleh Robot

    Poling blokTuban.com Menganulir Suara Ganda oleh Robot Sistem polling yang diadakan blokTuban.com mulai Kamis (16/1/2020) kemarin, untuk mengukur partisipasi pembaca terkait sosok Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Tuban mendeteksi keberadaan bot/robot yang memilih lebih dari satu...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more