16:00 . PT. TPPI Renovasi 9 Rumah Tidak Layak Huni di Tuban   |   14:00 . Selain Rapat Umum, Jenis Kampanye Ini Ditiadakan   |   12:00 . PRKP Akan Sanksi Tegas Pengerusak Westafel Umum   |   10:00 . Rekam Percakapan Serang Bank Jatim, Pria Ini Mohon Maaf   |   07:00 . Ini Cara Atasi Biang Keringat pada Bayi   |   19:00 . Jasad Pencari Udang Rebon Ditemukan Mengambang di Pantai Boom Tuban   |   18:00 . Konsumsi BBM dan LPG Meningkat Menjelang Akhir September   |   17:00 . Unirow Launching Kuliah Pascasarjana   |   16:00 . BPBD Berikan Bantuan Korban Bencana Puting Beliung   |   15:00 . Dapat Nomor Urut 1, Begini Langkah Mbak Ana-De Anwar Menangkan Pilkada   |   14:00 . Ini Hasil Pengundian Nomor Urut Pasangan Cabup-Cawabup Tuban   |   13:00 . KPU Resmi Luncurkan Tahapan Pilkada dan Undi Nomor Urut   |   09:00 . Kurangi Impor Petrokimia, Menteri Perindustrian Dukung Proyek Revamping TPPI   |   08:00 . SIG Dukung Modal dan Pendampingan UMKM Klaster Perikanan di Jenu   |   07:00 . 3 Tips Tenangkan Bayi yang Menangis   |  
Sat, 26 September 2020
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Saturday, 04 January 2020 07:00

Benarkah Wanita Lebih Bergairah Saat Menstruasi?

Benarkah Wanita Lebih Bergairah Saat Menstruasi?

Reporter: -

blokTuban.com - Sejumlah wanita merasa lebih bergairah saat sedang menstruasi. Meskipun demikian, tidak semuanya yakin apakah menstruasi menjadi penyebabnya atau hanya perasaan mereka saja. Untuk memastikan ada tidaknya hubungan antara menstruasi dengan gairah seksual, simak penjelasan berikut.

Meningkatnya hormon estrogen saat ovulasi

Salah satu hormon yang berperan penting dalam reproduksi wanita adalah estrogen. Tepat sebelum ovulasi (lepasnya sel telur dari ovarium), kadar estrogen dalam tubuh wanita mencapai level tertinggi. Hal ini membuat wanita merasa senang dan bersemangat, termasuk dalam konteks seksual. Wanita merasa lebih bergairah. Jika dilihat dari sudut pandang reproduksi, naiknya libido wanita merupakan dorongan alami untuk memiliki keturunan karena masa ovulasi merupakan masa subur wanita.

Kapan ovulasi terjadi? Dihitung dari hari pertama menstruasi, ovulasi biasanya terjadi pada hari ke 13 hingga 15. Banyak hasil penelitian yang dimuat dalam artikel How The Menstrual Cycle Affects Women’s Libido dalam situs Psychology Today menunjukkan bahwa wanita pada masa ovulasi merasa lebih bergairah dibanding pada hari lainnya, termasuk saat sedang menstruasi.

Jadi, menstruasi tidak meningkatkan gairah?

Pada saat menstruasi, hormon estrogen dan progesteron berada pada titik terendah. Secara teori, libido akan menurun. Apalagi, sejumlah wanita mengalami PMS (pre menstrual syndrome) dan kram perut yang membuat mereka makin tidak bergairah.

Kesimpulannya, gairah wanita tidak meningkat saat menstruasi, melainkan saat ovulasi. Meskipun demikian, ada wanita yang memang merasa lebih bergairah saat menstruasi. Beberapa hal berikut dapat menjadi penyebabnya:

Meningkatnya hormon testosteron

Hormon testosteron adalah hormon reproduksi laki-laki, yang menjadi penyebab mengapa laki-laki memiliki dorongan seksual yang lebih tinggi dari wanita. Ternyata, wanita juga memiliki testosteron, lho! Hanya saja, jumlahnya tidak sebanyak pria. Ketika terjadi menstruasi, hormon testosteron pada wanita mengalami sedikit peningkatan. Hal ini juga dapat menjadi penyebab meningkatnya gairah seks pada wanita.

Lubrikasi ekstra

Darah menstruasi juga dapat menjadi lubrikasi ekstra ketika berhubungan seksual. Ini yang menyebabkan wanita lebih nyaman berhubungan saat menstruasi (juga pria, karena tidak perlu foreplay terlalu lama) dan mungkin membuat wanita lebih bergairah ketika menstruasi datang. Jika wanita mengalami orgasme, maka hal tersebut dapat mengurangi nyeri haid.

Kecil kemungkinan hamil

Berhubungan seks saat menstruasi tetap dapat menyebabkan kehamilan, namun kemungkinannya lebih sedikit. Bisa jadi, wanita yang tidak menggunakan alat kontrasepsi jangka panjang merasa lebih bersemangat untuk berhubungan seks karena lebih aman.

Nah, hanya Anda yang bisa membuktikan mana yang lebih sesuai dengan diri Anda. Tidak ada salahnya mengamati siklus menstruasi dan keinginan untuk berhubungan seksual, untuk perencanaan kehamilan maupun untuk keharmonisan rumah tangga.

*Sumber: kumparan.com

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Tag : pendidikan, kesehatan



PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Saturday, 22 August 2020 14:00

    KONGRES KEDUA AMSI

    AMSI: Brand yang Sehat Harus Tampil di Konten yang Sehat

    AMSI: Brand yang Sehat Harus Tampil di Konten yang Sehat blokTuban.com - Jakarta - Kongres Kedua Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) resmi dibuka hari ini, Sabtu (22/8/2020). Kongres yang digelar secara virtual, karena berlangsung di tengah pandemi Covid-19, akan berlangsung...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more