5 Kebiasaan yang Bisa Menyebabkan Payudara Cepat Kendur

Reporter: -

blokTuban.com - Beberapa perempuan mendambakan ukuran payudara yang besar dan juga kencang. Karena itulah, tak jarang ada perempuan yang rela untuk melakukan berbagai macam cara untuk membesarkan dan mengencangkan payudara.

Namun, seiring dengan bertambahnya usia, elastisitas kulit juga akan berkurang dan menyebabkan payudara menjadi kendur. Selain karena pertambahan usia, ternyata kebiasaan sehari-hari juga bisa menyebabkan payudara mengendur lebih cepat. Kebiasaan-kebiasaan apa sajakah itu?

1. Salah dalam memilih bra

Menurut Michael Edwards, seorang ahli bedah payudara dan presiden di American Society for Aesthetic Plastic Surgery, salah dalam memilih bra bisa menyebabkan payudara menjadi kendur.

“Karena payudara yang sering memantul (disebabkan salah dalam memilih ukuran atau jenis bra), bisa menyebabkan jaringan ikat semakin meregang dan mengendur,” kata Edwards saat diwawancarai Women’s Health.

Karena itulah, Edwards menyarankan kita untuk memakai bra yang sesuai dengan bentuk serta ukuran payudara yang dimiliki.

2. Merokok

Rokok adalah musuh terbesar bagi payudara. Sebab, racun-racun dan kandungan berbahaya yang ada di rokok bisa memengaruhi bentuk payudara.

“Rokok bisa menyebabkan penuaan dini dan payudara menjadi kendur karena mengganggu suplai darah ke permukaan kulit,” lanjut Edwards.

3. Posisi tidur tengkurap

Sadar atau tidak, posisi tidur juga bisa menyebabkan payudara menjadi cepat kendur. Salah satu posisi tidur yang tidak disarankan adalah tengkurap karena bisa membuat kulit meregang dan mengurangi elastisitas.

Namun, bukan berarti Anda tidak bisa tidur dengan posisi ini lho, Ladies. Anda bisa saja tidur dengan posisi tengkurap, hanya saja disarankan untuk meletakkan bantal di bawah payudara saat tidur untuk mencegah payudara cepat mengendur.

4. Tidak menggunakan tabir surya

Tak hanya diaplikasikan di wajah, ternyata mengoleskan tabir surya di area payudara juga sangat disarankan untuk menghindari terjadinya pengenduran.

“Sebab, paparan sinar UV bisa memecah kolagen dan merusak kulit. Pada akhirnya, payudara juga cepat mengendur,” kata Edwards.

5. Menerapkan pola diet yang tidak seimbang

Tak sedikit perempuan langsung mengikuti program penurunan berat badan, jika tubuhnya memiliki berat badan yang berlebih. Namun, setelah berat badannya turun, banyak yang cenderung tidak mengontrol pola makan sehingga menyebabkan berat badannya kembali naik. Kondisi ini umumnya dikenal dengan istilah diet yo-yo.

Menurut Edwards, diet ini terbukti memberikan sejumlah dampak negatif, termasuk merusak metabolisme dan elastisitas payudara.

*Sumber: kumparan.com