Puluhan Sopir Bus dan MPU di Tes Urine

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Puluhan petugas gabungan dari jajaran Polres Tuban, Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Tuban dan Dinas Perhubungan (Dishub) menggelar Operasi Lilin 2019 di Terminal Baru Tuban, Senin (30/12/2019).

Petugas melakukan tes urine kepada para pengemudi kendaraan umum mulai dari bus hingga pengemudi kendaraan MPU yang melintas di jalur Pantura Tuban. 

Selain melakukan tes urine, menjelang pergantian tahun ini petugas juga mengecek dan memeriksa kelayakan kendaraan umum guna memastikan keamanan para penumpang.

"Kegiatan operasi gabungan ini untuk memastikan kesiapan para pengemudi kendaraan umum. Kemudian para sopir yang melintas di Tuban ini dilakukan tes urine," terang Kapolres Tuban AKBP Nanang Haryono.

Sementara itu, petugas baik dari anggota Reskoba Polres Tuban maupun BNNK Tuban kemudian melakukan pemeriksaan barang-barang yang ada di dalam maupun dibagasi kendaraan. 

Hal itu dilakukan untuk mencari serta mencegah adanya peredaran narkoba dengan menggunakan kendaraan bus maupun kendaraan penumpang umum lainnya.

"Kita lakukan pemeriksaan ini untuk mencegah dan sebagai antisipasi penyelundupan Narkoba menjelang akhir tahun. Selain itu juga adalah untuk antisipasi penyalahgunaan Narkoba khususnya pada para pengemudi," ujar AKBP I Made Arjana, Kepala BNNK Tuban yang memimpin kegiatan tersebut.

Dari pelaksanaan operasi gabungan yang berlangsung sekitar satu setengah jam tersebut, petugas memeriksa puluhan kendaraan yang diarahkan untuk masuk ke dalam Terminal Baru Tuban. 

Tidak hanya bus umum, MPU dan juga bus pariwisata, bus pengangkut karyawan perusahaan di Tuban yang melintas juga tak luput dari pemeriksaan itu.

"Tadi yang kita lakukan tes urine terdapat 40 orang pengemudi dan semua hasilnya negatif. Kemudian untuk pemeriksaan barang-barang hasilnya juga nihil," pungkas AKBP I Made Arjana.[hud/dy]