21:00 . Tiga Unit Kandang Ayam di Prunggahanwetan, Ludes Terbakar   |   18:00 . Partai Gerindra Rekom Eko Wahyudi-Agus Maimun Maju di Pilkada   |   14:00 . Pemdes Sokosari Tunggu Hasil Final Kesepakatan PT GPP   |   13:00 . Paparkan Proyek TPPI Olefin Complex ke Bupati Tuban   |   12:00 . Pengibar Bendera Dibatasi 3 OrangĀ    |   11:00 . Pasang Umbul-Umbul, Pelajar Meninggal Tersengat Listrik   |   10:00 . Dump Truk Vs Truk Tronton, Pengemudi Patah Tulang   |   07:00 . Seberapa Sering Bra Harus Dicuci?   |   19:00 . Dekatkan Layanan Online Sampai Desa   |   18:00 . Arus Balik Idul Adha di Jalur Pantura Tuban Terpantau Lancar   |   17:00 . Khozanah Hidayati Legowo Jika Tak Direkom Sebagai Bacabup   |   16:00 . Masih Tutup, Air Terjun Nglirip Tolak Ribuan Pengunjung   |   15:00 . Jelang Pilkada, Khozanah Hidayati Deklarasi Media Center   |   14:00 . Marka Jalan Belok Kiri Belum Ada, ini Kata Dishub   |   12:00 . Semester 1 2020, SIG Catatkan Kenaikan Laba Bersih 26,3%   |  
Wed, 05 August 2020
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Sunday, 24 November 2019 16:00

Pemuda Inisiatif Bantu Warga Terdampak Kekeringan di Soko

Pemuda Inisiatif Bantu Warga Terdampak Kekeringan di Soko

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Berlangsungnya musim kemarau hingga pertengahan bulan November 2019 ini, semakin menyusutkan sumber mata air yang ada disejumlah kawasan Kabupaten Tuban.  Peristiwa kekeringan ini pun memberi dampak secara langsung kepada masyarakat.

Tak ayal, jika banyak komunitas maupun aktivis sosial berjibaku memberi uluran tangan melalui giat pendistribusian air bersih ke desa-desa yang membutuhkan. Seperti yang nampak di suatu lingkungan Desa Bangunrejo, Kecamatan Soko.

Para pemuda beserta aktivis sosial yang ada di desa setempat, melihat dampak kemarau berkepanjangan dengan rasa begitu prihatin. Hal itulah yang kemudian mendorong aksi kepedulian terhadap warga yg lagi dilanda kekeringan.

"Kami peduli dengan dampak keadaan akibat kemarau panjang, maka kami berinisiatif untuk membantu warga secara bergilir berbagi air bersihnya," ujar Jamin, salah satu warga setempat yang ikut mendistribusikan air bersih, Minggu (24/11/2019).

Aktivis muda yang banyak berkecimpung dalam dunia sosial itu menambahkan, bantuan air bersih sebenarnya juga bisa diperoleh dari bantuan pemerintah Kabupaten Tuban. Seperti dropping air bersih yang sering dilakukan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tuban dengan jadwal tertentu.

Namun, kebutuhan air bersih warga memang sangatlah tinggi. Sehingga pihaknya bersama pemuda setempat berinisiatif melakukan jadwal gilir pada tiap-tiap titik dan dusun yang ada di Desa Bangunrejo.

Setidaknya, 4 dusun desa setempat meliputi, Dusun Lambangan, Dusun Mlaten, Dusun Dukuan, Dusun Rekul bakal didistribusikan untuk 10 titik lingkungan terdampak kemarau panjang.

"Harapan kita, semoga bisa bermaanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan. Kiranya pihak desa maupun instansi lain bisa membantu lebih," tukas lelaki yabg akrab disapa Amin itu kepada blokTuban.com. [feb/ito]

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Tag : kemarau, pemuda, soko, kekeringan



PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more