Lolos Lomba LSS Jatim, Tim Juri Visitasi ke TK Negeri Pembina Jenu

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - TK Negeri Pembina Kecamatan Jenu yang terletak di Desa Beji mewakili Kabupaten Tuban lolos dua tahap Lomba Lingkungan Sekolah Sehat (LLSS) tingkat Provinsi Jawa Timur. Pada Rabu (20/11/2019) pagi, tim juri dari provinsi melakukan penilaian atau visitasi ke lapangan.

Tim juri singgah perdana di Kabupaten diterima Sekda Tuban Budi Wiyana. Berlanjut ke Kantor Kecamatan Jenu disambut Camat M. Maftuchin Riza, Kepala Puskesmas Jenu, beserta stakeholder terkait sekaligus mengunjungi Sektap UKS kecamatan, dan terakhir di TK Negeri Pembina.

Dalam sambutannya Kepala TKN Jenu, Endang Suryaningsing menjelaskan dua tahap telah dilalui yaitu seleksi adminsitrasi dan paparan profil sekolah. Mudah-mudahan dalam lomba ini bisa mengambil hikmahnya.

"Sehat dimulai dari saya itulah yel-yel dari TKN Pembina. Terimakasih atas seluruh partner yang mendukung lomba ini Pertamina, TPPI, Semen Indonesia, dan PLTU," terang Endang.

Mewakili Tim juri provinsi, Siti Munawaroh menjelaskan atas nama Provinsi Jatim mengucapkan terimakasih yang tak terhingga. Penilaian tahun ini lebih detail. Dua tahapan telah dilalui oleh kabupaten. 16 Oktober lalu ada seleksi administrasi, dan yang lolos paparan 29 Oktober.

"Keduanya dinyatakan lolos dan hari ini dilakukan visitasi," bebernya.

Tujuan visitasi kali ini untuk pembinaan dan klarifikasi yang telah dipaparkan di kantor Gubernur Jatim. Sekaligus mengamati secara dekat Sarpas yang ada.

Untuk tahun ini pemenang diambil terbaik tiga dari masing-masing jenjang. Diikuti oleh 4 jenjang mulai, TK/RA, SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/SMK/MA. Alhamdulillah Tuban tiga jenjang divisitasi.

"Ini satu-satunya yang lolos di Jatim untuk jenjang TK. Upaya Kabupaten semoga sesuai dengan harapan," tambahnya.

Dari sekian ini diambil juara 1, 2, dan 3 dari tiap jenjang. Juara 1 tingkat provinsi otomatis menjadi wakil sekolah sehat nasional 2020. Semoga Tuban bisa mewakili.

Tim juri dari Provinsi Jatim ada empat unsur, mulai Kemendagri, Kemenkes, Kemendigbud, dan Kemenag. Tim ini yang memenuhi semua unsur dan memiliki peran masing-masing. [ali/ito]