17:00 . KPU Tuban Optimis Partisipasi Pemilih di Pilkada 2020 Tetap Tinggi   |   16:00 . Tracing Lanjutan Lima Orang Positif Corona   |   15:00 . Perkiraan Gelombang Laut, untuk Lima Hari ke Depan   |   14:00 . Jelang Hari Raya Idul Adha, Sejumlah Kebutuhan Pokok Terpantau Naik   |   13:00 . Siapkan 20.000 Rapid Test Gratis Bagi Peserta UTBK Kurang Mampu   |   12:00 . Giat Cipkon, Tak Pakai Masker Langsung Ditindak   |   10:00 . Dahan Pohon Patah Usai Diserempet Truk, Satu Sepeda Motor Rusak   |   08:00 . Patroli Gabungan Skala Besar, Sasar Warkop, Kafe hingga Lokasi Balap Liar   |   21:00 . Sehari Ada Tambahan 7 Kasus Positif Baru   |   20:00 . Pengendara Motor Tabrak Pohon Hingga Meninggal Dunia   |   12:00 . 7.015 Pekerja Seni Bisa Beraktifitas Lagi 24 Juli   |   09:00 . Ponpes Langitan Siap Sambut New Normal   |   08:00 . Tambah Dua Perempuan Positif, Kasus Corona di Tuban Belum Berhenti   |   07:00 . Demi Manfaat Maksimal, Ini Waktu Terbaik untuk Minum Kopi   |   21:00 . Pesan Direktur Utama Pertamina EP pada MWT di PEP Asset 4 Poleng Field   |  
Mon, 06 July 2020
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Friday, 08 November 2019 13:00

Gelar Diklat Jurnalistik, LPM Unirow Cetak Kader Produktif Menulis

Gelar Diklat Jurnalistik, LPM Unirow Cetak Kader Produktif Menulis

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Waskita Universitas PGRI Ronggolawe (Unirow) Tuban, selama dua hari 8-9 November 2019 menggelar diklat jurnalistik di Gedung I3. Salah satu tujuan kegiatan ini yakni, mencetak kader muda produktif menulis berita.

Diklat dibuka langsung pembina LPM Waskita, Suantoko. Dalam sambutannya, laki-laki yang akrab disapa Antok ini meminta para peserta untuk bangga mengikuti kegiatan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang konsen dalam bidang jurnalistik.

"Tak kalah pentingnya harus niat serius untuk belajar menulis berita," terang budayawan asal Desa Genaharjo, Kecamatan Semanding.

Usai pembukaan, selama dua jam peserta langsung diajak menulis berita dan teknik wawancara oleh reporter media siber blokTuban.com. Setelah pembekalan materi unsur berita 5W dan 1 H, peserta langsung ditantang menulis berita diklat dengan diawali wawancara panitia.

Disambung materi fotografi jurnalistik oleh fotografer Jawapos Radar Tuban, Canggih Putranto. Selain berita, materi features juga diajarkan ke peserta yang disampaikan oleh Suantoko. Materi antropologi kampus dirasa penting sebagai bekal anggota muda LPM, yang disampaikan dosen Ilmu Komunikasi, Nibrosu Rohid.

"Materi lain ada teknik persidangan, sejarah LPM dan keorganisasian, dan layout," sambung Pimpinan Umum LPM, Agung Adi Prasetia.

Agung menambahkan, output diklat ini menghasilkan kader APIK atau aktif, produktif, independen dan kritis. Aktif yang dimaksud harus update informasi baik di internal atau eksternal kampus. Produktif artinya rutin berkarya baik berita, feature, maupun opini.

"Jadi wartawan kampus tentu harus independen dan kritis supaya hasil karyanya maksimal," bebernya.

Ditegaskan, peluang kerja setelah berproses di LPM terbuka lebar. Jaringan alumni yang penulis saat ini berkiprah di Tempo, blokTuban.com, Timer.id, maupun Timesindonesia. Lainnya fokus di bidang pendidikan, wirausaha, dan lain sebagainya. [ali/rom]

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Tag : pers, jurnalis kampus



PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more