19:00 . Konektor Listrik Dekat Pemukiman Terbakar, Warga Sidorejo Panik   |   15:00 . Mahasiswa Ini Bisa Meraup Omzet Hingga Rp60 Juta per Bulan   |   12:00 . Selain Perketat Mapolres, Pengamanan Mapolsek Diperketat   |   11:00 . Pendaftaran CPNS Dibuka, Permintaan SKCK di Polres Tuban Meningkat   |   10:00 . Di Tuban Solar Langka, Ini yang Dilakukan Sopir Truk   |   09:00 . Tanggul Diurug Ambles Lagi   |   08:00 . Ngaji Blusukan Bareng Gus Miftah, Bupati Singgung Angka Pengangguran   |   07:00 . Cerita Drama Tangisan Anak, Agar Keinginannya Terpenuhi   |   20:00 . Live Streaming Bawaslu Bumi Wali Bersholawat Bersama Ust Ridwan Asyfi   |   19:00 . Pasca Insiden Ledakan Bom Bunuh Diri di Medan, Penjagaan Mapolres Tuban Diperketat   |   17:00 . Kunjungi Puskesmas Jenu, Begini Reaksi DPRD Komisi IV   |   17:00 . Berikut Kriteria Pelamar CPNS 2019 Khusus Disabilitas   |   16:00 . Pelajar Tuban Terasah Ketrampilannya Membuat Vlog   |   15:00 . Korban Puting Beliung Jegulo Terima Bantuan Logistik   |   14:00 . Puting Beliung Sisakan PR Warga Klumpit   |  
Fri, 15 November 2019
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Friday, 08 November 2019 13:00

Gelar Diklat Jurnalistik, LPM Unirow Cetak Kader Produktif Menulis

Gelar Diklat Jurnalistik, LPM Unirow Cetak Kader Produktif Menulis

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Waskita Universitas PGRI Ronggolawe (Unirow) Tuban, selama dua hari 8-9 November 2019 menggelar diklat jurnalistik di Gedung I3. Salah satu tujuan kegiatan ini yakni, mencetak kader muda produktif menulis berita.

Diklat dibuka langsung pembina LPM Waskita, Suantoko. Dalam sambutannya, laki-laki yang akrab disapa Antok ini meminta para peserta untuk bangga mengikuti kegiatan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang konsen dalam bidang jurnalistik.

"Tak kalah pentingnya harus niat serius untuk belajar menulis berita," terang budayawan asal Desa Genaharjo, Kecamatan Semanding.

Usai pembukaan, selama dua jam peserta langsung diajak menulis berita dan teknik wawancara oleh reporter media siber blokTuban.com. Setelah pembekalan materi unsur berita 5W dan 1 H, peserta langsung ditantang menulis berita diklat dengan diawali wawancara panitia.

Disambung materi fotografi jurnalistik oleh fotografer Jawapos Radar Tuban, Canggih Putranto. Selain berita, materi features juga diajarkan ke peserta yang disampaikan oleh Suantoko. Materi antropologi kampus dirasa penting sebagai bekal anggota muda LPM, yang disampaikan dosen Ilmu Komunikasi, Nibrosu Rohid.

"Materi lain ada teknik persidangan, sejarah LPM dan keorganisasian, dan layout," sambung Pimpinan Umum LPM, Agung Adi Prasetia.

Agung menambahkan, output diklat ini menghasilkan kader APIK atau aktif, produktif, independen dan kritis. Aktif yang dimaksud harus update informasi baik di internal atau eksternal kampus. Produktif artinya rutin berkarya baik berita, feature, maupun opini.

"Jadi wartawan kampus tentu harus independen dan kritis supaya hasil karyanya maksimal," bebernya.

Ditegaskan, peluang kerja setelah berproses di LPM terbuka lebar. Jaringan alumni yang penulis saat ini berkiprah di Tempo, blokTuban.com, Timer.id, maupun Timesindonesia. Lainnya fokus di bidang pendidikan, wirausaha, dan lain sebagainya. [ali/rom]

Tag : pers, jurnalis kampus

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Monday, 15 July 2019 16:00

    blokTuban.com Resmi Terverifikasi Dewan Pers

    blokTuban.com Resmi Terverifikasi Dewan Pers Media blokTuban.com mulai Senin (15/7/2019) resmi terverifikasi administrasi di Dewan Pers. Hal ini membuktikan bahwa portal media online ini, produk beritanya terpercaya dan mencerdaskan publik....

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 09 February 2019 13:00

    Waspada Modus Penipuan Rekrutmen Holcim di WhatsApp

    Waspada Modus Penipuan Rekrutmen Holcim di WhatsApp Sehubungan dengan maraknya kembali modus penipuan rekrutmen Holcim yang beredar lewat akun media sosial WhatsApp, masyarakat di Kabupaten Tuban, Jawa Timur dan sekitarnya diminta waspada. Semua pihak harus lebih hati-hati,...

    read more