321 Warga Miskin Terima Bantuan Listrik Gratis

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Pemerintah Provinsi Jawa Timur melalui Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memberikan bantuna listrik gratis pada 321 kepala keluarga (KK) di Kabupayen Tuban. Mereka berasal dari Kecamatan Jenu, Widang, Kerek dan Semanding.

Sebelumnya, rumah yang dihuni 321 KK tersebut belum punya sambungan listrik sendiri. Setiap hari hanya mengandalkan saluran listrik dari tetangga. Sehingga penggunaanya pun terbatas. Bantuan itu diserahkan secara lansung pada warga sejak Sabtu (2/11/2019) lalu.

Penyerahan dilakukan Sekda Provinsi Jawa Timur Heru Tjahjono didampingi Kepala Dinas ESDM Jawa Timur Setiajit. Penyerahan dilakukan di Desa Wadung, Kecamatan Jenu.

‘’Sekarang, warga sudah bisa menikmati listrik sendiri,’’ ujar Setiajit.

Dia mengatakan, bantuan 321 samburan listrik rumahan untuk warga itu dengan 450 KWH. Pekerjaan sambungan akan diselesaikan tahun ini juga. Sehingga,masyarakat bisa segera menikmati listrik sendiri.

‘’Pemasangan, akhir November ini ditargetkan selesai,’’ tambahnya.

Menurut pria yang akan maju dalam pilkada Tuban tahun 2020 nanti tersebut, di Jawa Timur sapai saat ini masih ada sekitar 56 ribu keluarga miskin yang belum menikmati listrik. Termasuk di Kabupaten Tuban.

Karena itu, pejabat asal Tuban ini terus berupaya memperluas bantuan listrik tersebut agar semua warga bisa menikmati listrik. 

"Kami terus bekerja keras agar pada 2021 seluruh warga di Jawa Timur bisa menikmati aliran listrik. Untuk Tuban akhir 2020 ditargetkan semua warga sudah punya listrik sendiri," kata Setajit.

Salah satu bantuan sambungan listrik gratis ini diterima oleh Warso, warga Desa Wadung, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban. Dia mengucap syukur dan terimakasih atas bantuan yang diberikan. Sebab, selama puluhan tahun rumahnya belum teraliri listrik.

Hal yang sama disampaikan Dasuki warga penerima bantuan lainnya. Dia juga berterimakasih kepada Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, yang telah memberikan bantuan instalasi listrik gratis. 

"Saya selama ini mengandalkan listrik saluran dari tetangga, tak hanya instalasi, pihak pemprov juga telah mengisi token listrik sehingga bisa langsung digunakan secara gratis selama satu tahun," ungkap Warso.[ali/ono]