Hari Pertama Jambore Kwaran Gerakan Pramuka Soko

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Kemah Jambore Gerakan Pramuka Ranting Soko yang melibatkan para peserta didik dari Sekolah Dasar (SD) beserta Madrasah Ibtidaiyah (MI), digelar selama tiga hari, 14-16 Oktober 2019 di Bumi Perkemahan (Buper) Sendang Gede Bentaor, Desa Klumpit, Kecamatan Soko.

Pada hari pertama, para peserta kemah jambore Pramuka se-Kecamatan Soko ini berangkat ke lokasi Buper dengan mendirikan tenda penginapan masing-masing. Kegiatan yang digagas oleh Gerakan Pramuka Kwartir Ranting Soko tersebut, dimulai pukul 13.00 WIB dengan penghijauan penanaman pohon disekitar lingkungan perkemahan setempat.

"Tadi tanam pohon jambu, untuk penghijauan," ujar Riki, salah satu peserta kemah Jambore Ranting Soko asal SDN Pandanagung kepada blokTuban.com, Senin (14/10/2019).

Bersama teman lainnya, siswa yang duduk di bangku sekolah dasar kelas 5 itu mengaku sangat menikmati kegiatan kemah Jambore Ranting hari pertama ini. Selain bisa menambah pengalaman, ia juga banyak mendapat teman-teman baru.

"Ya senang. Dapat teman banyak, kegiatannya asyik-asyik," lengkapnya.

Hal senada juga dipaparkan oleh Vebi, peserta kemah Jambore Ranting Soko asal MI Darul Falah Menilo. Kedepan, ia berharap supaya giat kemah Pramuka yang ada di Ranting Soko bisa diadakan lagi, dengan acara dan kegiatan yang lebih meriah.

"Kita tadi juga melukis Gerabah, menggambar di kipas tradisional, dan membuat olahan Gethuk," kata Vebi menguraikan giat life skill sore hari tadi.

Kendati kegiatan hari pertama sudah terlaksana dengan baik, namun acara pembukaan kemah Jambore Ranting SD/MI nantinya baru akan dilaksanakan pada malam hari, dengan sambungan kegiatan pentas seni sesudahnya.

"Opening ceremony nanti malam setelah Isya Mas," ungkap Kak Budi, salah satu panitia kemah Jambore SD/MI. [Feb/ ].