Launching BUMDesa Tanggir Serap Produk Lokal

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Sudah sepatutnya produk lokal mendapat apresiasi serta pengembangan, guna meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian desa. Salah satu dasar itulah yang kemudian menjadi pemicu terbentuknya Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Tanggir, Kecamatan Singgahan.

Launching kantor Badan usaha Desa Tanggir dengan nama BUMDed Al-Ittihad, diresmikan hari ini, Kamis (26/9/2019). Dalam kesempatan itu, hadir pula pihak Pemerintah Kabupaten Tuban melaui Dinas Pemberdayaan Masyarakat (Dispemas), Camat Singgahan, Kepala Desa, maupun dari pihak Kepolisian Sektor (Polres) Singgahan dan Koramil Singgahan.

Kepala Desa (Kades) Tanggir, M Sholahuddin mengucapkan banyak terimakasih kepada segenap tamu yang hadir dalam launching BUMDes Al-Ittihad ini. Adanya BUMDes ini diharapkan bisa menampung dan memaksimalkan produk lokal, serta Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada di desanya.

"Semua yang ada di BUMDes ini adalah produk dalam, buatan lokal. Semoga setelah ini dari pemerintah bisa memberikan arahan lebih untuk menunjang aapek lain, salah satunya pada penjualan," kata Kades Tanggir dalam sambutannya.

Lebih lanjut, soal SDM yang ada di Tanggir ini cukup melimpah. Ditambah lagi dengan Sumber Daya Alam (SDA), seperti sawah, aspek tani, beserta olaha tanam yang busa dikemas dan dikerjakan, bahkan bisa dkirim ke perkebunan wilayah Kalimantan.

"Tapi ada kendala, yaitu finansial. Kalau di Tanggir sini kan tidak ada wisata, tapi ada SDM yang harus dikuatkan bersama," lengkapnya.

Sementata itu Camat Singgahan, Dani Ramdhani membeberkan jika lanuching BUMDes di Tanggir ini merupakan pertama kali di Kecamatan Singgahan. Dari total 12 desa yang memiliki BUMDes, baru Desa Tanggir yang melaunching Kantor BUMDes sendiri.

"SDM yang ada, perajin nanti bisa dibuatkan Bimtek maupun pelatihan. Desa ini punya olahan bambu, kayu, kuliner, bisa dikembangkan lebih lagi," tutur Camat.

Sedangkan upaya peningkatan nilai ekonomis produk yang ada dalam BUMDes, pihaknya juga mengaku siap untuk membantu serta memfasilitasi pemasarannya.

"Kita bisa promosikan keluar, nggak hanya di Kabupaten saja. Tapi bisa ke daerah, bahkan ke Nasional. Maka dari itu, kita butuh dukungan masyarakat setiap waktu," jelasnya.

Selebihnya Camat berharap agar adanya BUMDes Al-Ittihad ini mampu meningkatkan taraf hidup masyarakat Desa Tanggir. " Selamat untuk BUMDes Al-Ittihad Tanggir, mudah-mudah apa yang dicita-citakab bisa terwujud," pungkasnya.

Dispemas-KB melalui kepala Bidang (Kabid) Pemberdayaan Usaha Ekonomi Masyarakat, Ir Soesilo Hadi Irwanto usai pemotongan pita tanda dilaunchingnya kantor BUMDes Tanggir, berpesan agar segenap masyarakat, pengurus BUMDes, juga Pemerintah Desa selalu bersinergi, mendukung satu sama lain.

Apalagi dalam persaingan global, harapannya pengembangan BUMDes untuk bisa punya akses ekspansi lebih lebat. Soal modal, bisa bekerjasama dengan pemdes melalui Dana Desa guna penyertaan modal.

"Semoga awal yang bagus ini, bisa terus dikembangkan kedepannya untuk lebih baik lagi," pesan Soesilo. [feb/col]