16:00 . Bupati Tuban Alihkan Belanja Langsung Rp60 Miliar untuk Tangani Corona   |   15:00 . Zona Merah, Berkumpul Lebih dari Lima Orang Dibubarkan   |   14:00 . Keluarga Pasien Positif Corona Karantina Mandiri   |   10:00 . Begini Cara SIG Penuhi Banyaknya Permintaan Masker   |   09:00 . Zona Merah, Petugas Razia Warkop, Temukan Arak dan Suruh Pulang Pengunjung   |   08:00 . Hasil Tes Keluarga Pasien Positif Covid-19 Dinyatakan Negatif   |   07:00 . Haruskah Kita Berteman dengan Mantan? Begini Kata Ahli   |   21:00 . Pemkab Tetapkan, Tuban Darurat Covid-19   |   20:00 . Perhatikan Dampak Ekonomi, Wihadi Bagikan Sembako   |   18:00 . Satu Pasien Positif Corona Membaik, Kadinkes: Tiga Hari Lagi Pulang   |   17:00 . Tuban Zona Merah, Dua PDP Positif Covid-19   |   16:00 . Imbas Covid-19, Pembeli Daging Sapi Mayoritas Konsumen Rumah Tangga   |   15:00 . Kabar Baik, Lima PDP di Tuban Sembuh Hasil Tes Negatif Covid-19   |   14:00 . DPRD Soroti Disinformasi Covid-19 dan Belum Cairnya Anggaran Gugus Kecamatan   |   13:00 . Rakor Persiapan Serapan DD Kecamatan Rengel , Rp 80 Juta Tanggulangi Covid   |  
Thu, 09 April 2020
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Monday, 26 August 2019 07:00

Kapan Harus ke Dokter Bila Setelah Menikah Tak Kunjung Hamil?

Kapan Harus ke Dokter Bila Setelah Menikah Tak Kunjung Hamil?

Reporter: -

blokTuban.com - Banyak pasangan berharap bisa segera hamil setelah menikah. Tapi tentu saja, berapa lama setelah menikah sang istri akan hamil berbeda pada setiap pasangan.
 
Namun karena harapan setiap orang pun berbeda, bisa saja ada yang merasa resah bila belum hamil setelah menikah 3 bulan misalnya. Sebaliknya ada yang hingga usia pernikahan dua tahun belum punya anak, tapi tenang-tenang saja.

Tapi menurut Sandy Prasetyo, SpOG, dokter spesialis obstetri dan ginekologi dari Rumah Sakit Ibu dan Anak Brawijaya, Jakarta Selatan, ada lho, Moms, 'patokan' kapan waktu yang tepat untuk pasangan suami istri menjalani pemeriksaan terkait kemungkinan adanya gangguan kesuburan.

Ya Moms, menurut Sandy, umumnya pasangan suami istri perlu menjalani pemeriksaan terkait kemungkinan adanya gangguan kesuburan, bila mereka tak juga dapat anak setelah setahun rutin berhubungan intim.

Sandy menjelaskan, waktu pertama kali sang istri datang untuk berkonsultasi, maka yang dilakukan dokter obgyn adalah memberi edukasi. "Berikutnya (datang) dengan suami. Analisa sperma untuk suami. USG untuk istri,” katanya, saat ditemui di acara nikah massal bertajuk “Kondangan Pasti Sah” yang diselenggarakan DKT Indonesia, di Lapangan Palembang Trade Center, Palembang, Sabtu (17/8/2019).

Namun bila pasangan jarang berhubungan intim, misalnya hanya beberapa bulan sekali dalam setahun pertama pernikahan dan istri tak kunjung hamil, maka belum tentu perlu segera menjalani pemeriksaan kesuburan maupun mendapat treatment lebih lanjut.

“Tapi kalau sudah rutin berhubungan dua sampai tiga kali seminggu enggak pakai kontrasepsi dan sudah setahun. Artinya di situ baru kita mulai (treatment) agak agresif. Oke, berarti ini ada gangguan ke arah subfertility, itu tadi baru kita periksa.”

Anda jangan buru-buru melabeli diri mandul karena tidak kunjung hamil ya, Moms. Pasalnya, Sandy menegaskan, dokter obgyn kini tak lagi pakai istilah itu.

“Jadi kita sebutnya subfertility atau gangguan kesuburan. Kita sudah tidak pakai lagi istilah infertility,” tutupnya.

Ini artinya Anda dan pasangan jangan cepat khawatir atau buru-buru datangi dokter kandungan.

*Sumber: kumparan.com

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Tag : pendidikan, kesehatan



PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Friday, 17 January 2020 12:00

    Poling blokTuban.com Menganulir Suara Ganda oleh Robot

    Poling blokTuban.com Menganulir Suara Ganda oleh Robot Sistem polling yang diadakan blokTuban.com mulai Kamis (16/1/2020) kemarin, untuk mengukur partisipasi pembaca terkait sosok Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Tuban mendeteksi keberadaan bot/robot yang memilih lebih dari satu...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more