19:00 . Kerjasama Kartarcam Soko Bareng Forkopimka Cegah Bahaya Corona   |   18:00 . Anggaran Reses dan Kunker DPRD Dialihkan untuk Pencegahan Covid-19   |   17:00 . GM Pertamina EP Asset 4 Pastikan CPP Gundih Aman   |   16:00 . Bupati Tuban Alihkan Belanja Langsung Rp60 Miliar untuk Tangani Corona   |   15:00 . Zona Merah, Berkumpul Lebih dari Lima Orang Dibubarkan   |   14:00 . Keluarga Pasien Positif Corona Karantina Mandiri   |   10:00 . Begini Cara SIG Penuhi Banyaknya Permintaan Masker   |   09:00 . Zona Merah, Petugas Razia Warkop, Temukan Arak dan Suruh Pulang Pengunjung   |   08:00 . Hasil Tes Keluarga Pasien Positif Covid-19 Dinyatakan Negatif   |   07:00 . Haruskah Kita Berteman dengan Mantan? Begini Kata Ahli   |   21:00 . Pemkab Tetapkan, Tuban Darurat Covid-19   |   20:00 . Perhatikan Dampak Ekonomi, Wihadi Bagikan Sembako   |   18:00 . Satu Pasien Positif Corona Membaik, Kadinkes: Tiga Hari Lagi Pulang   |   17:00 . Tuban Zona Merah, Dua PDP Positif Covid-19   |   16:00 . Imbas Covid-19, Pembeli Daging Sapi Mayoritas Konsumen Rumah Tangga   |  
Fri, 10 April 2020
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Sunday, 25 August 2019 07:00

Pentingnya Kehadiran Ayah untuk Mencegah Stunting Sejak Dini

Pentingnya Kehadiran Ayah untuk Mencegah Stunting Sejak Dini

Reporter: -

blokTuban.com - Kondisi stunting atau kekerdilan pada anak dapat dicegah dengan pengawasan ketat oleh orang tua. Spesialis anak dari RSUP Fatmawati dr. Purnama Fitri, Sp A(K) mengungkapkan orang tua wajib memantau tumbuh kembang anak.

"Aktiflah dalam memonitor berat badan bayi, tinggi badan, dan juga lingkar kepala bayi dari grafik yang dilihat di buku kesehatan bayi, aktif memeriksakan sekaligus imunisasi di Posyandu, Puskesmas, maupun rumah sakit," ungkap Purnama.

Ia juga menekankan orang tua harus memantau perkembangan berat badan bayi di usia tiga bulan pertama, yakni penambahan berat badan sekitar 800-1000 gram, tiga bulan kedua 500-550 gram, dan seterusnya yang bisa dilihat di buku perkembangan bayi.

"Saat aktif memantau di pusat kesehatan, ayah juga harus ikut serta dalam memantau hal ini," jelas Purnama. Dia menjelaskan peran ayah sangat penting dalam mendukung upaya pemenuhan Air Susu Ibu (ASI) eksklusif selama enam bulan dan dilanjutkan hingga 24 bulan. Purnama menyebut ayah juga harus aktif dalam mengambil keputusan, di mana pasangan usia muda pasti mengalami kehidupan dengan mertua.

Ayah harus membantu ibu mengambil keputusan dan terlibat dalam pola pengasuhan anak, terlebih di saat ibu masih lelah pascapersalinan. "Misal anak masih menangis setelah mendapatkan ASI, akhirnya mertua ikut memberikan saran untuk memberikan sufor (susu formula) agar anak tidak rewel. Di sinilah peran ayah aktif dan memberikan pengertian kepada mertua. Ayah harus memiliki sikap dan kalimat yang positif. Bantu ibu untuk tetap positif dan percaya diri dalam memberikan ASI, berikan dukungan sebaikbaiknya, memiliki pengetahuan yang luas tentang ASI eksklusif," ucapnya.

Seorang ayah juga harus memastikan pemberian ASI eksklusif dilakukan selama enam bulan dan dilanjutkan 24 bulan. Purnama menganjurkan agar ayah tetap menjaga suasana hati ibu tetap bahagia dan tidak stres. Salah satu tujuannya melancarkan produksi ASI demi tumbuh kembang anak dan mencegah terjadinya stunting.


Sumber: https://www.cantika.com/read/1239009/
pentingnya-kehadiran-ayah-untuk-mencegah-stunting-sejak-dini

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Tag : mencegah, stunting, anak, peran, ayah



PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Friday, 17 January 2020 12:00

    Poling blokTuban.com Menganulir Suara Ganda oleh Robot

    Poling blokTuban.com Menganulir Suara Ganda oleh Robot Sistem polling yang diadakan blokTuban.com mulai Kamis (16/1/2020) kemarin, untuk mengukur partisipasi pembaca terkait sosok Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Tuban mendeteksi keberadaan bot/robot yang memilih lebih dari satu...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more