Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Saturday, 10 August 2019 11:00

Program Percantik di Kawasan Kumuh Segera Diluncurkan

Program Percantik di Kawasan Kumuh Segera Diluncurkan

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Di tahun 2018 lalu kawasan kumuh seluas 49,6 hektare masih menjadi pekerjaan rumah bagi Pemkab Tuban yang harus dituntaskan. 

Setelah program kampung sejuta warna diresmikan, tahun ini Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Pemukiman (PRKP) bakal meluncurkan program kampung tematik. 

Kepala Dinas PRKP Tuban, Darmaji mengatakan program tematik nantinya yang akan mempercantik kampung sejuta warna khususnya di Kelurahan Kingking. 

Teknis kampung tematik adalah memanfaatkan ruas jalan yang masih luas, dengan menanami tanaman buah. 

"Kelak buah tersebut untuk warga sekitar dan jika pohonnya sudah besar akan diserahkan ke pemangku kebijakan lokal untuk dirawat," kata Darmaji ketika dihubungi blokTuban.com, Sabtu (10/8/2019).

Darmaji mengakui, sementara ini untuk mengentaskan kawasan kumuh intansinya baru bersinergi dengan Baznas Kabupaten. 

Sebagaimana slogan kampung sejuta warna yang dilaunching Bupati Fathul Huda, bahwa kampungku surgaku tidak sekedar warna warni tapi juga pembinaan sisi spiritual. 

Lebih dari itu, pemkab bakal melanjutkan program kampung sejuta warna di empat titik. Di antaranya melanjutkan di RT lain di Kelurahan Karangsari. Dilanjutkan RT di Kelurahan Sidomulyo atau Timurnya Sungai Mangunjoyo. 

"Sidomulyo, Kingking, dan Kutorejo jadi target kampung sejuta warna termasuk di PAK juga dianggarkan," imbuhnya. 

Secara keseluruhan kawasan kumuh di Bumi Wali sudah berkurang signifikan. Capaian di tahun 2019 ini, penurunannya kurang lebih 10 hektare. Sisanya akan dirampungkan di tahun selanjutnya. [ali/ono]

 

 

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Tag : kampungcantik, kampungwarna, percantikkampung



PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini