Warga Sawahan Terima Bantuan Fasilitas Air Bersih

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Masyarakat Desa Sawahan, Kecamatan Rengel, khususnya di Dusun Tumulus, agaknya tak perlu khawatir lagi akan ketersediaan air bersih untuk kebutuhan sehari-hari saat ini. Sebab, mulai sekarang telah ada fasilitas air bersih baru yang diberikan oleh Exxon Mobil Cepu Limited (EMCL), untuk kebutuhan air bersih sehari-hari, Rabu (31/7/2019).

Agenda serah terima fasilitas air bersih di Desa Sawahan dengan slogan 'Air Bersih Milik Kita Bersama' disaksikan oleh sejumlah warga Dusun Temulus, tepatnya disekitar bangunan lokasi tower dan tandon air bersih. Dalam hal itu juga telah diresmikan  dan handover program penyediaan air bersih berbasis pada pengelolaan masyrakat, yang dilimoahkan kepada Himpunan Penduduk Pemakai Air Minum (Hippam) Tirto Wening desa setempat.

Selain warga penerima manfaat, acara itu disaksikan langsung oleh segenap Pemdes Sawahan, SKK Migas, EMCL, SPeKTRA, Dinas PRKP, Dinas Kesehatan, serta Forkopimka Rengel.

Kabid Air Bersih dan Sanitasi PUPR, Juli Wibowo saat prosesi penyerahan simbolis program fasilitas air bersih oleh perwakilan EMCL, menuturkan bahwa program ini sangat membantu pemerintah daerah untuk capaian fasilitas air bersih. Terlebih lagi, sangat berguna bagi masyarakat Desa Sawahan, khusunya yang ada di Dusun Tumulus.

"Saya terima fasilitas air bersih ini. Kalau saya, lebih senang menyebutnya sistem penyediaan air minum. Kalau sudah sistem, adalah suatu rangkaian. Ada proses, ada operasional. Jadi bukan semata hanya fasilitas itu untuk dinikmati dan tak ada operasional. Terimakasih kepada Exxon Mobil. Apa yang diberikan kepada desa yang membutuhkan, mudah-mudahan barokah dan bermanfaat bagi desa," kata Juli Wibowo sembari berjabt tangan dengan pihak EMCL.

Sebagai perusahan Nasional, Exxon Mobil terus melakukan Program Pengembangan Masyarakat (PPM). Program fasilitas air bersih inilah yang digagas EMCL, kemudian disetujui oleh SKK Migas. Dan saat ini tengah fokus pada penyediaan akses air bersih untuk masyarakat Dusun Tumulus Desa Sawahan.

Dengan adanya program tersebut, diharapkan masyarakat tak lagi kesulitan untuk mendapat air bersih dalam aktivitas sehari-hari. Mengingat,.sebelumnya masyarakat setempat harus memanfaatkan air sungai untuk keperluan sehari-hari.

Adapun program ini berfokus pada pembangunan toren air bersih dengan kapasitas 18 meter kubik. Sementara pencarian titik sumber, ada pada kedalamam 100 meter. Besar harapan, fasilitas ini bisa memberikan akses air bersih kepada minimal 110 warga Dusun Tumulus dan dikembangkan lebih lagi.

Camat Rengel juga mengucapkan banyak terimakasih serta mengapresiasi segala bentuk program kerjasama SKK Migas beserta EMCL, dan stakeholder yang terlibat di dalamnya. Sebab, upaya ini sangat bermanfaat dan bisa mengurangi permasalahan yang signifikan selama ini, terkait air bersih.

"Kerjasama ini, kedepan diharapkan bisa berlanjut dan berkembang ke desa maupun wilayah dusun yang masih kekurangan air. Ini Sangat membantu meringankan beban kewajiban Pemda. Karena anggaran Pemda sendiri masih terbatas," cakap Camat Rengel, Eko Wardhono kepada blokTuban.com.

Apresiasi serupa juga disampaikan Danramil Rengel, Kapten Istoha. Tentunya fasilitas air bersih yang diberikan EMCL sangat membantu masyarakat.

"Permasalahan air bersih, terutama di Tumulus juga masih kekurangan. Tahun kemarin kita minta BPBD, sekarang Exxon Mobil lewat pendampingan bisa membantu warga. Dan saya yakin, masyarakat pasti bangga sekali," ujarnya.

Danramil juga menghimbau supaya apa yang telah ada dan diberikan tetap dipelihara. Fasilitas yang sudah ada ini, harus betul-betul dipertahankan agar sumber mata air tetap terjaga.

"Waktu depan nanti, kita rencanakan penghijauan di sekitar sini juga," imbuh Danramil Rengel.

Usai prosesi serah terima, dilakukanlah pemotongan pita sebagai simbolis peresmian. Pita dipotong, air dari saluran toren yang sudah terinstalasi pipa langsung keluar deras membumbung ke atas bak air mancur. Pembukaan tirai yang menutupi toren air bersih, sebagai pelengkap prosesi handover program.

Dari masing-masing perwakilan, baik dari EMCL beserta mitra kerja, Pemdes, Forkopimka Rengel, Dinas PRKP, Dinas Kesehatan, dan lainnya melakukan penanaman pohon di sekitar area toren.

"Program ini sangat membantu warga karena selama ini adanya air memang minim. Kalau hujan air tercemar banjir dan kalau kemarau kering. Semoga kedepannya juga bisa membantu ekonomi warga masyarakat Dusun Logawe, Desa Sawahan pada umumnya.

Sehingga untuk kebutuhan air bersih tak lagi mengeluarkan biaya lebih lagi," jelas Sunarto, Kepala Desa (Kades) Sawahan.

Memang, kebutuhan air bersih sehari-hari selama ini oleh warga hanya mengandalkan air kemasan. Hanya beli air dari galon dengan harga yang cukup mahal. Adanya program ini, bisa menekan pengurangan pengeluaran masyarakat, dengan harapan lebib jernih lagi sebab mendapat fasilitas yang begitu berarti.

"Kalau sudah ada program fasilitas air bersih ini, warga tidak perlu mengeluarkan biaya lebih, dan akhirnya perekonomian masyarakat bakal meningkat," harap Kades. [feb/lis]