Perpustakaan Nasional Sosialisasi Budaya Gemar Baca

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Bertempat di Ruang Pertemuan Lantai 3 Kantor Setda Kabupaten Tuban,  Perpustakaan Nasional (Perpusnas) Republik Indonesia (RI) mensosialisasikan pembudayaan kegemaran membaca kepada pengelola perpustakaan serta pegiat literasi di Kabupaten Tuban, Senin (29/7/2019).

Pantauan blokTuban.com, sosialisasi tersebut, turut dihadiri Kepala Pusat Pengembangan Pustakawan Perpustakaan Nasional, Opong Sumiati, Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Paraith serta Kepala Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Tuban Joko Prijono.

Dalam sambutanya, Joko Prijono mengatakan, sosialisasi ini diselenggarakan di Kabupaten Tuban sebagai upaya pemerintah untuk memotivasi masyarakat agar gemar membaca. Hal itu dikarenakan, masyarakat masih belum memanfaatkan perpustakaan yang ada secara optimal.

"Maksud kegiatan ini adalah untuk mendorong dan meningkatkan kemampuan literasi, untuk mewujudkan masyarakat yang berpengetahuan dan berkarakter," terang Joko Prijono.

Lebih lanjut Joko menambahkan, dengan adanya kegiatan ini diharapkan bisa semakin menumbuhkan minat baca di masyarakat. Karena, masyarakat yang cerdas adalah masyarakat yang membudayakan membaca sebagai kebutuhan.

Sementara itu, Kepala Pusat Pengembangan Pustakawan Perpustakaan Nasional, Opong Sumiati menyampaikan, kegiatan sosialisasi dengan mengusung tema 'Implementasi Program Revolusi Mental Menuju Indonesia Cerdas 2024 ini diharapkan bisa meningkatkan minat baca di masyarakat.

Dengan begitu masyarakat akan mempunyai pengetahuan dan wawasan yang luas sehingga mampu bersaing ditingkat internasional. "Marilah kita melangkah bersama demi terwujudnya cita-cita bangsa kita yakni cerdas, maju sejahtera dengan karakter gemar membaca untuk menumbuhkan kreatifitas, inovasi dan kemandirian ekonomi," pungkasnya.[hud/col]