07:00 . Nyeri Haid Hilang Setelah Menikah, Mitos atau Fakta?   |   22:00 . Bupati Huda Serahkan Alsistan   |   21:00 . BMKG Rilis Peringatan Dini Jatim   |   20:00 . Semen dari Pabrik Tuban Bisa Dikirim Lewat Stasiun Babat   |   20:00 . Proyek Revamping dan Olefin TPPI Didukung Komisi VII DPR RI   |   19:00 . Adakan Sidang Isbat Nikah Massal, Ini Tujuan Bupati Huda   |   18:00 . Kapolres Tuban: Akhir Tahun Dipastikan Belum Bisa Dilalui Roda 4   |   17:00 . Serco Asia Pasifik Gandeng BUMD PT RSM Tandatangani Kerjasama Bangun RS Internasional di Tuban   |   16:00 . Kekeringan Teratasi, Panen jadi Lebih Cepat   |   15:00 . Terdakwa Kasus Penodaan Agama Islam di Group Facebook Jalani Sidang Online   |   14:00 . Selamat, Kak Bibin Resmi Lepas Lajang   |   13:00 . Kapolres Cek Logistik Pilkada Tuban   |   09:00 . Disiplin Prokes Kurang Sebabkan Kasus Covid-19 Tuban Naik   |   08:00 . Diduga Ngantuk, Truk Trailer Tabrak Pagar dan Teras Warga   |   07:00 . Hiperandrogen Bisa Picu Haid Tak Lancar, Simak Penjelasannya   |  
Fri, 27 November 2020
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Monday, 29 July 2019 15:00

Bisa Diservis, Begini Solusi Shock Breaker Rusak

Bisa Diservis, Begini Solusi Shock Breaker Rusak

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Kerusakan ataupun keluhan tentang shock breaker kendaraan sepeda motor, bisa diperbaiki melalui bengkel servis multi maupun spesialis shock breaker.

Pemakaian shock kendaraan, khususnya sepeda motor dengan lintasan jalur yang ekstrim sedikit banyak mempengaruhi kinerja kendaraan. Alhasil, shock bisa saja menjadi lemas, mentok pir, bahkan mengalami kebocoran sil karet, hingga as shock yang rusak.

"Bisa diperbaiki selama tidak parah, asal as dalam shock kondisinya baik," kata Eko, seorang mekanik di Tuban selatan, Senin (29/7/2019).

Bapak satu anak itu menjelaskan, kerusakan paling dasar yakni seal karet bocor bisa diganti dengan seal karet yang baru. Tentu harus dibongkar total bagian dari shock breaker.

Setelah dibongkar dari bagian, seal karet bisa diganti dengan seal yang baru. Kerusakan pada karet shock, misal bocor atau sobek, menyebabkan oli menetes keluar dari tabung dan habis begitu saja jika tak dilakukan servis. 

"Perlu ditambah oli. Kalau kosong atau habis, ya diisi yang dengan oli yang baru," tambahnya.

Sementara bagian shock breaker yang mengalami kerusakan cukup parah sebab terlalu lama tak ditangani, bisa berimbas pada bagian as. Kerusakan sedang, bisa sebenarnya bisa diatasi dengan mengganti soal karet saja. Namun bila masih dirasa tak cukup, bisa mengganti bagian as shock yang baru.

Perbaikan part kaki-kaki motor tersebut, bisa bertahan selama maksimal 1 tahun saja. Itupun tergantung pemakaian, rute atau medan jalan yang dilalui si pengguna motor.

"Paling tidak cukup aman untuk sementara. Kalau parah, gak bisa diservis ya langsung saja beli yang orisinil atau produk after market," ungkap mekanik di Jalan Bengawan Solo Desa Simo, Kecamatan Soko itu. [feb/lis]

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Tag : kendaraan, rusak



PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Thursday, 26 November 2020 14:00

    Selamat, Kak Bibin Resmi Lepas Lajang

    Selamat, Kak Bibin Resmi Lepas Lajang Momen bahagia kembali dirasakan Keluarga besar Blok Media Group (BMG). Personil dari Blok Multimedia (anak perusahaan BMG), M. Tholibin resmi melepas masa lajangnya setelah menyunting pujaan hatinya, Siti Muza'roah....

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more