09:00 . La Nina, Waspada Cuaca Buruk di Perairan Tuban-Lamongan   |   07:00 . Kebiasaan Pegang Ponsel yang Memicu Nyeri Leher   |   19:00 . Pangdam V Brawijaya Instruksikan Seluruh Babinsa Jadi Garda Depan Kampanye 3M   |   18:00 . Sruduk Truk, Dump Truk Oleng Lalu Hantam Pemotor   |   16:00 . Rapat Paripurna, Wabup Sampaikan Soal Langkah Ekonomi 2021   |   14:00 . Perkuat Koordinasi, Pangdam dan Bupati Resmikan Pos Koramil Grabagan Jadi Koramil   |   13:00 . Tegakkan Disiplin Prokes, Aparat Gabungan di Tuban Gencarkan Operasi Yustisi   |   12:00 . Tuban Masuk Zona Kuning, Tetap Disiplin Prokes   |   07:00 . 5 Alasan Memarahi Anak di Tempat Umum Pantang Dilakukan   |   20:00 . Tukang Becak Meninggal Mendadak   |   19:00 . Tingkatan Ekonomi Nelayan, Pertamina EP Latih Kelompok Usaha Perempuan   |   18:00 . Bangkitkan Semangat Teater, Komunitas Teater Tuban Gelar Pementasan   |   17:00 . Silaturahim ke Mapolda, AMSI Jatim Bersinergi Lawan Hoax Terlebih saat Pandemi Covid-19   |   16:00 . Pemkab Tuban Raih Opini WTP dari BPK   |   15:00 . Pemkab Pertahankan LPPD Kemendagri   |  
Wed, 21 October 2020
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Thursday, 25 July 2019 16:00

Tekan Angka Perceraian, Kemenag Berikan Bimbingan Perkawinan

Tekan Angka Perceraian, Kemenag Berikan Bimbingan Perkawinan

Reporter: Nidya Marfis H.

blokTuban.com - Berlatar belakang dari maraknya kasus perceraian yang terjadi, Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Tuban menyelengarakan bimbingan perkawinan angkatan ke-16. Yang berlokasi, di Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Semanding, Kamis (25/7/2019).

Suami dan istri adalah dua makhluk yang tidak sama, yang satu dengan lainnya harus saling melengkapi.
Hal itu di sampaikan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tuban Drs. Sahid MM, di hadapan 25 pasang calon pengantin, dalam acara bimbingan perkawinan angkatan ke-16 di KUA kecamatan Semanding, Kamis (25/7/2019).

Kepala Kemenag Tuban,  Sahid mengatakan, sejak dari penciptaannya, laki-laki dan perempuan memang sudah memiliki konstruksi otak yang tidak sama, konstruksi perasaan dan jalan pikiran yang berbeda. Potensi yang paling banyak digunakan juga menunjukkan kecenderungan yang berbeda. Untuk itu, yang bisa dilakukan adalah berusaha saling mengerti dan memahami.

"Agar tidak menuntut keseragaman atau kesamaan dalam sifat dan karakter,"ungkap Sahid

Lebih lanjut, perkawinan menuntut kemampuan adaptasi, penyesuaian antar pasangan oleh karena perbedaan latar belakang keluarga, pendidikan, dan kebiasaan adat istiadat. Pasangan menghadapi tantangan kehidupan nyata yang menuntut tingkat kematangan kepribadian tertentu untuk mampu melewatinya dengan mulus.

"Banyak perbedaan yang tidak terelakkan dapat menjadi sumber konflik dalam perkawinan," sambungnya.

Sementara itu, salah satu Fasilitator Bimbingan Perkawinan kabupaten Tuban, Laidia Maryati menjelaskan tentang tujuan dilaksanakan nya bimbingan ini, yaitu untuk menekan angka perceraian yang sudah sangat tinggi. Berdasarkan sumber dari Pengadilan Agama Tuban, bahwa perceraian di kota wali ini mencapai sekitar 3 ribu setiap tahun, dan setiap 6 hari sekali satu perempuan di Kabupaten Tuban menjanda.  

"Tentu hal ini membuat kita prihatin, walaupun perceraian itu dibolehkan akan tetapi sangat dibenci oleh Allah subhanahu wa ta'ala," ujarnya.

Wanita yang juga Pranata Humas ini menjelaskan, pasangan perkawinan adalah dua orang dan secara esensial berbeda. Mereka tidak akan pernah memiliki perspektif yang sama. Pengalaman mereka berbeda, kebutuhan mereka berbeda, dan nilai-nilai yang dianut pun akan memberikan pengaruh sudut pandang masing-masing dalam menghadapi permasalahan seperti pada ilustrasi berikut.

Respons salah satu pasangan tentang pasangannya membuat tidak diperolehnya toleransi dari keduanya. Kebanyakan orang berpikir bahwa permasalahan yang dihadapinya dalam perkawinan lebih disebabkan oleh kesalahan pasangannya.

"Itulah sebabnya dalam bimbingan ini diberikan pengetahuan bagaimana memberikan pengertian tentang tujuan pernikahan,"tandasnya. [nid/ito]

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Tag : kua, tuban, bimbingan, kawin



PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

  • Saturday, 22 August 2020 14:00

    KONGRES KEDUA AMSI

    AMSI: Brand yang Sehat Harus Tampil di Konten yang Sehat

    AMSI: Brand yang Sehat Harus Tampil di Konten yang Sehat blokTuban.com - Jakarta - Kongres Kedua Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) resmi dibuka hari ini, Sabtu (22/8/2020). Kongres yang digelar secara virtual, karena berlangsung di tengah pandemi Covid-19, akan berlangsung...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more