12 Tips Mudik Sehat dari Dinkes Tuban.

Reporter: Nidya Marfis H

blokTuban.com - Fenomena mudik menjelang Hari Raya Idul Fitri 1440 H sudah menjadi agenda tahunan di Indonesia. 

Karena antusias yang cukup tinggi, risiko kecelakaan dan juga penyakit mendadak juga mengintai. Oleh karena itu, berikut tips mudik sehat dari  Dinas Kesehatan (Dinkes) Tuban, Jumat (31/5/2019)

Ada dua belas tips mudik sehat dari Dinkes Tuban,  yang pertama apabila sakit manfaatkan pos kesehatan yang telah tersedia di masing-masing kota.

Untuk di Tuban sendiri ada empat pos kesehatan, di daerah perbatasan Jawa Timur (Jatim)- Jawa Tengah (Jateng) tepatnya di Kecamatan Bulu, Rest area Tuban, parkiran pantai Boom dan Desa Temangkar, Kecamatan Widang.

"Selain itu juga ada 33 Puskesmas yang siap siaga," ungkap Sekretaris Dinkes, Endah Nurul.

Tips kedua, kosumsi makan dan minuman yang bersih,  lebih baik membawa bekal dari rumah atau kalau ingin membeli pastikan tempat tersebut higienis. Tips ke tiga, apabila lelah manfaatkan waktu di perjalanan untuk istirahat. Lebih baik waktu mudik yang tepat di pagi hari. "Jam biologis manusia, pada malam hari tidur," ungkapnya. 

Tips keempat, jangan menerima makan dan minuman dari orang yang tidak dikenal, terutama yang mudik menggunakan transportasi umum.  Bisa jadi itu hanya modus untuk menggendam atau pun yang lainnya.  

Tips kelima, hindari setres dan nikmati perjalanan. Tips keenam, apabila mudik mengunkan sepeda motor, gunakan masker untuk melindungi diri dari debu. Polusi dan asap, yang dapat menimbulkan penyakit. 

Tips ketuju,  apabila ingin makan pastikan mencuci tangam terlebih dahulu dan pastikan menggunakan air yang mengalir. 

Tips kedelapan, pastikan fisik prima dan sehat selama perjalanan, apabila lelah lebih baik menepi terlebih dahulu dan lanjutkan perjalan ketika kondisi sudah fiet kembali.

Tips kesembilan,  batasi barang bawan agar nyaman saat diperjalan,  terutama yang mudik menggunakan kendaran bermotor jangan mebawa barang berlebihan, selain tidak nyaman juga dapat mebahayakan. 

Tips kesepuluh, buanglah sampah pada tempatnya. Jangan mebiasakan setelah makan dan mebuang bungkus makan ke sembarang tempat.

Tips kesebelas,  buanglah air kecil atau besar di toilet yang telah disediakan.

Tips yang trakhir, jangan lupa mebawa obat - obat pribadi selama perjalan. Untuk mengatisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. 

"Pastikan bawa obat-obatan pribadi,  kalau tiba-tiba kambuh kan berisiko," lanjutnya. [nid/col]