Pengin Melunasi Biaya Haji, Sekarang Tak Perlu Antre

Reporter: Sri Wiyono

blokTuban.com – Untuk melunasi biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH) semakin mudah. Mulai tahun ini tak perlu antre lagi menunggu giliran di teller bank. Karena sudah dikembangkan inovasi pelunasan nonteller.

Salah satunya adalah pelunasan BPIH mellaui mesin anjungan tunai mandiri ATM)  tanpa bayar langsung ke teller. Bahkan bisa juga melalui hape.

‘’Setoran BPIH nonteller ini diharapkan memberi manfaat bagi jamaah,’’ ujar Kepala Subdit Advokasi Haji Kementerian Agama Muhammad Agus Syafik saat berkunjung ke kantor Kemenag Tuban Jumat (1/3/2019)

Tujuannya ke Tuban, kata dia, selain ingin bersilaturahmi dengan Kemenag Tuban, juga ingin menyamakan persepsi dalam penyelenggaraan ibadah haji. Agar  ke depan dapat berjalan lebih baik.

‘’Kami ingin menggali semua keluhan dari daerah dan sharing untuk pelayanan yang lebih baik. Selama ini terkadang kebijakan yang dibuat oleh pusat tidak semuanya sampai ke daerah," ungkapnya. 

Pria kelahiran Tuban ini menambahkan, inovasi baru dalam penyelenggaraan haji tersebut, selain kemudahan pelunasan BPIH, juga kebijakan zonasi kloter berbasis kecamatan atau kode pos.

Selain itu, kewajiban untuk biometrik dan vaksin sebelum proses visa serta petugas haji menggunakan sistem pelaporan berbasis android. Sedangkan pelunasan BPIH nonteller misalnya melalui ATM, internet banking, mobile banking dan sejenisnya sangat membantu jamaah.

‘’Selama ini jamaah  sering mengalami kesulitan dalam proses pembayaran, misalkan terkendala waktu maupun jarak, dengan cara ini lebih mudah,’’ terangnya.

Agus mengatakan, sudah ada beberapa kabupaten di Indonesia yang punya perda sendiri terkait penyelenggaraan ibadah haji. Dia berharap Kabupaten Tuban segera menyusul. 

‘’Sedang besarnya biaya haji tahun ini masih dalam proses. Kemungkinan awal bulan Maret akan ditetapkan,’’ katanya.

Agus diterima langsung Kepala Kankemenag, Drs. Sahid, MM, Kasi Haji dan Umrah, Umi Kulsum, S.Ag, M.Pd.I, perwakilan KBIH, Humas, Koordinator Kepegawaian dan Staf Haji.

Sementara, Kepala Kemenag Kabupaten Tuban mengapresiasi kedatangan pejabat dari pusat itu. Karena bisa menerima aspirasi dalam pelaksanaan ibadah haji, agar lebih baik. 

‘’Kegiatan ini juga sebagai bentuk silaturahmi antara Kemenag Pusat dengan Kemenag daerah. Semoga ke depan bisa melibatkan KUA, pemerintah daerah dan tokoh masyarakat,’’ harapnya.[ono]