Dispendukcapil Klaim Gencar Sosialisasikan GISA

Reporter: Nidya Marfis H. 

blokTuban.com - Menjelang akhir tahun 2018 dan awal tahun 2019 Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil(Dispendukcapil) masih terus fokus dengan program Gerakan Indonesia Sadar Adminitrasi (GISA).

Kepala Dinas Dispendukcapil, Agus Priyono Hadi menyampaikan saat ini masih banyak masyarakat yang belum sadar akan pentingnya administrasi. 

"Padahal sebagai Warga Negara Indonesia (WNI) GISA sangatlah penting, seperti pentingnya melaporkan dan mengurus akta kematian. Apabila tidak segera dilaporkan tentunya akan membawa dampak buruk, seperti  kasus yang lalu - lalu sudah meninggal tapi masih terdata sebagai daftar pemilih," ujarnya.

Ditambahkan Agus hal ini dikarenakan tidak adanya laporan dari kepala keluarga ketika ada anggota dalam rumah tangganya sudah meninggal.

"Selama tidak ada laporan bawa orang yang bersangkutan telah meninggal,  kami tidak berani untuk mencoret datanya," ungkap Agus. 

Lebih lanjut, pada tahun 2019, Dispendukcapil akan terus menyadarkan masyarakat akan pentingnya GISA. Apalagi menurutnya, saat ini proses mengurus administrasi diklaim mudah jika semua dilakukan sendiri tanpa perantara.

"Tidak akan dipersulit selama datanya lengkap apabila kurang lengkap konsultasi dulu dengan pegawainya," pungkasnya.  [nid/col]