13:00 . Ini yang Dilakukan Setiajit di Widang   |   12:00 . Polisi Bekuk Spesialis Pencuri Kotak Amal Musala dan Masjid   |   11:00 . Tak Pakai Masker, 7 Pemuda Diberi Sanksi Sosial   |   10:00 . Uji Coba New Normal, Kesiapan Objek Wisata Terpantau di Raport   |   17:00 . KPU Tuban Optimis Partisipasi Pemilih di Pilkada 2020 Tetap Tinggi   |   16:00 . Tracing Lanjutan Lima Orang Positif Corona   |   15:00 . Perkiraan Gelombang Laut, untuk Lima Hari ke Depan   |   14:00 . Jelang Hari Raya Idul Adha, Sejumlah Kebutuhan Pokok Terpantau Naik   |   13:00 . ´╗┐Siapkan 20.000 Rapid Test Gratis Bagi Peserta UTBK Kurang Mampu   |   12:00 . Giat Cipkon, Tak Pakai Masker Langsung Ditindak   |   10:00 . Dahan Pohon Patah Usai Diserempet Truk, Satu Sepeda Motor Rusak   |   08:00 . Patroli Gabungan Skala Besar, Sasar Warkop, Kafe hingga Lokasi Balap Liar   |   21:00 . Sehari Ada Tambahan 7 Kasus Positif Baru   |   20:00 . Pengendara Motor Tabrak Pohon Hingga Meninggal Dunia   |   12:00 . 7.015 Pekerja Seni Bisa Beraktifitas Lagi 24 Juli   |  
Mon, 06 July 2020
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Wednesday, 19 December 2018 13:00

Yuk...! Cicipi Tape Tawaran

Yuk...! Cicipi Tape Tawaran

Reporter: Nidya Marfis H.

blokTuban.com - Jajanan tradisional tape memang sudah sangat familiar di telingan masyarakat. Namaun apakah generasi millenial saat ini juga mengenalnya, khususnya yang tinggal di perkotaan?

Apabila anda pecinta jajanan dan kuliner tak ada salahnya untuk mencobanya.

Tape sendiri ada dua jenis yaitu tape singkong dan tape yang berbahan dari ketan. Ada salah satu desa di Kabupaten Tuban yang terkenal akan tape ketannya yaitu di Desa Tawaran, Kecamatan Kenduruan. Tepatnya terletak di Tuban bagian barat.

Menurut salah satu pembuat tape, Sarti (65), ia sudah berjualan tape sejak tahun 2001 yang lalu, tapi adanya tape di Tawaran sudah ada sejak nenek moyangnya dulu. Selain itu hingga saat ini, dalam pembutan tape Tawaran masih menggunkan bahan alami seperti perwana dari daun babing (katuk) dan dibungkus dengan daun ploso, sehingga menghasilkan rasa dan bau yang beda dari tape lainnya. Hal ini menjadikan tape Tawaran memiliki ciri khas tersendiri dari tape ketan lain.

"Kita masih mempertahankannya menggunakan bahan-bahan alami," ungkap Sarti.

Lebih lanjut, cara pembutan tape Tawaran pun sangat mudah, bahan utamanya hanya beras ketan, gula, daun katuk sebagai perwarna dan ragi. Kukus ketan setengah matang lalu berikan perwana dari daun yang sudah diambil sarinya, setelah itu apabila sudah matang didinginkan dan ditaburi ragi, sesudahnya tape siap untuk dibungkus.

Dalam sehari apabila sedang banyak menerima pesanan, Sarti bisa memasak beras ketan hingga 20 kilogram.

"Kalau lagi rame-ramenya sehari bisa sampai 20 kilogram, tapi kalau baisa sekitar 10 kilogram," ungkapnya.

Harganya pun cukup terjangkau, satu ikat isi 20 biji hanya dijual Rp20 ribu. Hal ini yang membuat tape Tawaran banyak dicari masyarakat dari dalam maupun luar kota.

Salah satu pembeli, Lina (34), ia sering memesan tape Tawaran untuk diberikan kepada sanak sodaranya yang berda di luar Tuban.

"Sering pesan untuk diberikan sodara, karena selain rasanya yang manis dan khas juga harganya yang terjangkau," ungkap Lina. [nid/rom]

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Tag : tape tawaran, tape, jajanan tradisional



PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Tuesday, 19 November 2019 14:00

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax

    Surat Panggilan Tes Pertamina Adalah Hoax PT Pertamina (Persero) kembali menjadi objek penipuan lowongan kerja. Kali ini ada pihak mengatasnamakan Pertamina mengumumkan lowongan kerja dan kemudian memanggil pendaftar untuk melakukan berbagai tes....

    read more