19:00 . Sempat Menolak, Bruntas Pradoto Terima Mandat Jadi Ketua Pepadi   |   17:00 . PT Pertamina EP Asset 4 Field Cepu Resmikan Program CSR Bidang Pendidikan   |   16:00 . Setelah Lama Mati Suri, Hari Ini Pepadi Bangkit Kembali   |   15:00 . Sergab, Bulog Terima 70 Ton beras dari Petani   |   14:00 . Vendor Gathering, BPJS Sosialisasikan Program   |   13:00 . Bupati Fathul Huda Minta Pers Tetap Kritis   |   12:00 . Penjual Minuman Beralkohol di 3 Kecamatan Diminta Urus Ijin   |   10:00 . Duh...! Penjual Sate Simpan Arak Dalam Termos Nasi   |   09:00 . Turnamen Futsal Antar Instansi Meriahkan Puncak HPN PWI Tuban   |   08:00 . Pertamina EP Raih Best of The Best APQ Awards 2019   |   07:00 . Dua Alasan Kenapa Kita Suka Menunda-Nunda (dan Solusinya)   |   21:00 . Semen Indonesia Mulai Gelar Bimbingan Manasik Haji di Tuban   |   17:00 . Kodim 0811 Tuban Matangkan Persiapan Penutupan TMMD   |   16:00 . Hari Perdana UNBK, Siswa SMK Mengaku Grogi   |   15:00 . ULAR SANCA KEMBANG TERTANGKAP WARGA BANGILAN   |  
Wed, 27 March 2019
Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Wednesday, 05 December 2018 15:00

Pemilu 2019

APK Pemilu Terpampang di Pertigaan Soko, Ini Komentar Masyarakat

APK Pemilu Terpampang di Pertigaan Soko, Ini Komentar Masyarakat

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Sejak ‎diberlakukannya sosialisasi serta pemasangan Alat Peraga Kampanye (APK) di Kabupaten Tuban, dengan sekejap saja para Tim Sukses (Timses) para calon yang akan meramaikan Pemilihan Umum (Pemilu) telah menyebar dan medirikan APK di sejumlah titik wilayah desa.

Seperti yang tampak di titik strategis Kecamatan Soko, yakni Pertigaan lampu merah Desa Sokosari, Kecamatan Soko. ‎Dari pantauan blokTuban.com, sedikitnya 9 poster, banner, maupun baliho terpampang jelas dengan berbagai ukuran di sebelah barat laut pertigaan, berdekatan dengan bangunan Taman Kanak-kanak (TK) di sebelahnya.

Dari semua APK yang terpasang di sana, terdapat nama beserta nomor identitas ‎peserta Pemilu 2019 nanti, baik dari Calon Legislatif (Caleg) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten, Provinsi, RI, sampai APK besar salah satu Capres-Cawapres 2019.

Tak ayal, penampakan wajah-wajah baru ‎tersebut menuai banyak tanggapan dari masyarakat umum yang melintasi titik tersebut. Pro dan kontra, bahkan acuh tak acuh mewarnai tanggapan tentang berdirinya wajah baru yang sebelumnya banyak tak dikenali.

"Kalau penampakan semacam itu sih sudah biasa kali ya, toh ini musim kampanye. Tapi yang di pertigaan ini beda dari daerah lain," ucap Mardi, salah satu pengguna jalan yang melintasi pertigaan Sokosari, Rabu (5/12/2018).

Dijelaskannya lagi, pemasangan atribut sosialisasi Caleg di titik strategis itu memang menguntungkan bagi para Timses. Namun di sisi lain, pertigaan terkesan semrawut dengan banyaknya APK.

"Kadang juga ada kok, orang-orang malah risih lihat banyak poster besar di jalanan gitu. Apalagi berjejer, kurag rapi," tambahnya.

Hal senada juga di paparkan oleh Muha, warga asal Desa Menilo, Kecamatan Soko, menurutnya ‎giat sosialisasi tersebut sah-sah saja dilakukan. Asal, tak melanggar kaidah dan aturan panitia penyelenggara Pemilu, yang telah disepakati sebelumnya.

"Kalau nggak melanggar aturan ya gak masalah. Dalam aturan kan ada, titik penempatan APK,‎ ketentuannya bagaimana, sampai ukuran panjang lebar maksimal juga ada aturan," ujarnya.

Menurutnya, hal sepele dalam pemasangan APK di tempat strategis, kadang luput dari perencanaan. Seperti ketahanan media bangun APK, yang mayoritas dibuat dari pohon bambu. Unsur tersebut sedikit banyak memiliki dampak terhadap masyarakat, khususnya pengguna jalan yang melintas.

"Unsur lain, seperti ketahanan penyangga APK. Musimnya kan ini penghujan, bahaya nggak nanti kalau ada hujan dan angin kencang? Tapi, sudah pasti panitia wilayah setempat telah berkoordinasi dengan pihak keamanan kok. Polisi dan TNI, pasti andil dalam pensuksesan dan keamanan Pemilu," urainya panjang lebar. [feb/lis]

 

Tag : apk, pemilu

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Monday, 04 March 2019 08:00

    Pondok Literasi

    Pondok Literasi Saat ini lagi gencar-gencarnya gerakan litersai. Di mana-mana ada komunitas baca, tadarus puisi dan dan bedah buku, yang arahnya untuk menumbuhkan cinta membaca. Baru sebagian kecil kegiatan di Kabupaten...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 09 February 2019 13:00

    Waspada Modus Penipuan Rekrutmen Holcim di WhatsApp

    Waspada Modus Penipuan Rekrutmen Holcim di WhatsApp Sehubungan dengan maraknya kembali modus penipuan rekrutmen Holcim yang beredar lewat akun media sosial WhatsApp, masyarakat di Kabupaten Tuban, Jawa Timur dan sekitarnya diminta waspada. Semua pihak harus lebih hati-hati,...

    read more