Geram, Pemdes Tuwiriwetan Minta Masyarakat Buang Sampah pada Tempatnya

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Pemerintah Desa (Pemdes) Tuwiriwetan, Kecamatan Merakurak, Kabupaten Tuban mengaku geram lantaran hingga saat ini sebagian besar masyarakat masih belum sadar untuk membuang sampah ditempat yang telah disediakan.

Hal itu disampaikan Kepala Desa (Kades) Tuwuriwetan, Kecamatan Merakurak, Setiyo Budi. Menurutnya masyarakat masih banyak yang membuang sampah sembarangan, sehingga pada musim penghujan ini menyebabkan bau busuk sampai yang sangat menyengat.

"Tempat pembuangan sampah sudah dibuatkan dan sudah disediakan bak sampah (Kontainer) juga tapi yang membuang sampah itu tidak sadar, mereka membuangnya dengan asal dilempar saja," terang Budi sapaan Kades Tuwiriwetan saat dikonfirmasi blokTuban.com, Selasa (4/12/2018).

Lebih lanjut, Budi mengungkapkan bahwa masyarakat yang melakukan pembuangan sampah di Desa Tuwiriwetan itu bukan hanya masyarakat dari desa setempat, melainkan juga masyarakat dari berbagai wilayah yang kebetulan melintas di Jalan Raya Tuwiriwetan.

"Pemdes Tuwiriwetan bersama dengan Camat Merakurak sebelumnya juga pernah mempekerjakan orang untuk memasukkan sampah ke dalam bak, namun itu tidak berlangsung lama," tandasnya.

Sehingga diharapkan, masyarakat sadar dan bisa tertib membuang sampah di dalam bak yang sudah disediakan bukan asal lempar yang menyebabkan bau menyengat. Dengan begitu sampah yang berada di dalam bak yang sudah disediakan bisa diangkut dalam jangka lima hari sekali.[hud/ito]