Sempat Minim Listrik, Kini Warga Dermalang Nikmati Listrik Layak

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Tindak lanjut tentang sarana penerangan umum serta minimnya aliran listrik yang ada di Dusun Dermalang, Desa Mlangi, Kecamatan Widang, Kabupaten Tuban, ditanggapi serius oleh Perusahaan Listrik Negara (PLN) Unit Layanan Pelanggan (ULP) Tuban.

Jika sebelumnya sempat terendus kabar berita, bahwa warga sekitar Dusun Dermalang sangat minim aktivitas ketika malam hari sebab kurangnya aliran listrik di wilayah tersebut, disela waktu itu pula PLN ULP Tuban tengah mengupayakan jaringan listrik yang layak untuk warga setempat.

Ditemui usia proses penyaluran jaringan listrik sekitar Desa Mlangi, segenap tim pelayanan PLN mengungkapkan sejumlah proses yang dilalui saat pertama kali melakukan pengerjaan hingga proses finishing kemarin Rabu (27/11/2018) sore.

"Ke sini bulan Agustus waktu itu belum ada apa-apa. Kemudian, minggu pertama September tiang listrik sudah mulai masuk," terang Joko, salah satu tim layanan pelanggan PLN Tuban.

Ditambahkannya lagi, sempat ada sedikit permasalahan ketika proses pemasangan tiang listrik penyangga kabel. Sebab, PLN masih harus melakukan koordinasi lanjutan kepada pemilik lahan area berdirinya tiang pancang, yakni pihak Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Bengawan Solo.

"Akhir September berdiri semua. Oktober sudah tarik jaringan. Alhamdulillah, sekarang sudah selesei dan bisa dioperasikan," imbuhnya.

Masih pada kesempatan sama, Manajer PLN ULP Tuban, Muhammad Rizal Falfi menjelaskan tentang sedikit sistem penarikan jaringan listrik baru kepada warga Dermalang. Jaringan listrik baru, diambil dari konstruksi Saluran Udara Tegangan Menengah sampai dengan Travo, kemudian Saluran Udara Tegangan Rendah (SUTR) sehingga hasilnya dapat disalurkan kepada 57 pelanggan yang ada di Dusun Dermalang.

"Selama ini, warga Dermalang hanya dapat listrik uluran. Biasanya setiap malam drop, dan redup. Kalau sekarang, InsyaAllah sudah bisa dioperasikan semuanya," terang Rizal, panggilan akrabnya kepada blokTuban.com, Kamis (29/11/2018).

Setelah melalui tahap tersebut, pihaknya berharap agar adanya jaringan listrik baru yang lebih layak, warga bisa menikmati dan memanfaatkan sarana listrik untuk menunjang aktivitas sehari-hari. [feb/rom]