Reporter : Nidya Marfis H. 

blokTuban.com -  Dalam rangka Hari Jadi Kabupaten Tuban ke -725, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban menyelenggarakan Pameran Perdagangan dan Pembangunan di Gor Ranggajaya Anarogo. 

Dari pantuan bloktuban.com di lapangan, ratusan stand Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) berjajar rapi memadati lokasi acara. Dari ratusan stand tersebut ada salah satu stand yang unik, yang memamerkan kerajinan bambu miniori dari Desa Wisata Goaterus, Kecamatan Montong.

Saat diwawancara, pemilik lapak bambu miniori, Kolik Yuliamin (35) mengatakan, ide awal pembuatan kerajinan ini karena di daerahnya banyak pohon bambu dan tidak pernah dimanfaatkan dari dulu. 

"Di sini kan banyak bambu tapi masih belum ada yang memanfaatkannya untuk itu saya berinisiatif membuat kerjinan miniori ini," ungkap Kolik.

Dia juga menambahkan, awal mengajak masyarakat untuk berpastisipasi dalam kerajinan ini tidak lah mudah. Karena itu, dia berusaha terus mengkampanyekan pemanfaatan bambu itu. Usai terealisasi, barulah masyarakat di desanya turut serta meniru.  "Kerajinan minior sudah berdiri sejak 2 tahun yang lalu,  saat ini minior menjadi kelompok usaha dengan 16 orang yang rata- ata pekerjaan utama anggotanya sebagai petani," jelasnya. [nid/col]