Karang Taruna Harus Mampu Jadi Pelopor Kerukunan dan Persatuan

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Sebanyak 250 peserta yang terdiri dari Karang Taruna (Kartar) se Jawa Timur mengikuti kegiatan Bulan Bhakti Karang Taruna yang diselenggarakan di Pantai Kelapa Kelurahan Panyuran, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban.

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari mulai, Rabu-Kamis  (21-22/11/2018) tersebut selain diisi dengan Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi Kartar juga diisi dengan sosialisasi Pengumpulan Uang dan Barang (PUB) sekaligus bhakti sosial bersih-bersih Pantai Kelapa.

Ketua Kartar Jawa Timur, Agus Maimun mengatakan, kegiatan yang selalu diselenggarakan dalam tiap tahun itu bertujuan untuk memperingati hari lahir Kartar sekaligus untuk mempererat kesetiakawanan nasional.

Menurutnya, di zaman apapun dan di era apapun kerekatan dan kesetikawanan nasional itu dibutuhkan untuk mempersatukan dari berbagai golongan, baik suku, agama dan seterusnya.

"Banyak orang yang mengkhawatirkan krisis kesetiakawanan, krisis kebangsaan, kita berharap Karang Taruna ini mampu menjadi motor penggerak kerukunan persatuan disemua lini," kata Agus Maimun Kamis.

Lebih lanjut dia juga berharap pada tahun 2019 nanti, Kartar dapat diarahkan untuk dapat bersatu padu menjadi motor penggerak datangnya bonus demografi. 

Karena, di tahun 2019 ini Jawa Timur sudah mengalami surplus anak muda, dengan jumlah usia anak muda yang banyak. Sehingga diharapkan dapat menjadi kekuatan serta menjadi berkah dan tidak malah menjadi musibah. 

"Karang Taruna kita harapkan tidak menjadi persolaan sosial, tidak membebani secara sosial, namun menjadi motor penggerak bagi anak muda yang lain untuk bergerak produktif dan bermanfaat bagi masing-masing" imbuhnya Agus.

Sekadar diketahui dalam kegiatan tersebut selain dihadiri Ketua Forum Karang Taruna Provinsi Jawa Timur juga turut hadir Kepala Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur yang diwakili oleh Kepala Bidang (Kabid) Penanggulangan Kemiskinan dan Pemberdayaan Masyarakat Tajul Falah, Kepala Kelurahan Panyuran serta pejabat penting lainya.[hud/lis]