Sempurnakan DPT, KPU Minta Masyarakat Cek Namanya Masing-masing

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten menghimbau agar masyarakat berpartisipasi aktif mengikuti tahapan pemilihan umum (pemilu) tahun 2019. Satu di antaranya, masyarakat diharapkan memeriksa namanya masing-masing apakah sudah terdaftar atau belum.

Komisioner KPU Kabupaten Tuban, Yayuk Dwi A. S mengatakan masyarakat diharapkan mendatangi posko Gerakan Melindungi Hak Pilih Masyarakat (GMHP) di setiap desa/kelurahan dan kecamatan yang ada di Bumi Wali. Dengan upaya tersebut diharapkan mampu mendongkrak partisipasi masyarakat dalam memilih.

"Bagi yang menginginkan secara online bisa juga dicek di portal www.lindungihakpilihmu.kpu.go.id ," ucapnya kepada blokTuban.com, Rabu (10/10/2018).

Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat KPU Tuban ini menambahkan, GMHP ini dicetuskan untuk menyempurnakan Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan (DPT-HP). Sehingga masyarakat yang sudah Memenuhi Syarat (MS) terdaftar sebagai pemilih dalam Pemilu Legislatif maupun Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden 2019.

"GMHP ini juga untuk mnyempurnakan DPT seperti mengeluarkan pemilih yang (Tidak Memenuhi Syarat (TMS) dan memasukkan pemilih MS yang belum terdaftar, serta memperbaiki elemen data pemilih," jelasnya panjang lebar.

Sedikit diketahui, KPU Tuban telah menetapkan DPT Pileg dan Pilpres 2019 sebanyak 934.444 pemilih, Namun setelah ada pencermatan DPT dikurangi 173 sehingga menjadi 934.271 pemilih. [rof/col]